Top 10 Tips Terbaru

Inilah 10 Buaya Terbesar Di Dunia

Harian10 - 10 Buaya Terbesar Di Dunia. Berbicara masalah hewan reptil paling ditakuti didunia ini, maka buaya adalah salah satu jawabannya. Buaya dikenal lihai ketika ingin memangsa musuhnya dan yang paling menakutkan adalah bahwa binatang ini tidak memilih ketika ingin memangsa. Makhluk hidup apapun yang ada disekitarnya akan menjadi sasaran empuk mereka. Buaya tumbuh dan berkembang biak di habitat dengan ciri lahan yang basah seperti danau, rawa dan sungai, meski ada juga beberapa yang hidup di habitat air payau.
ADVERTISEMENT
Ditinjau dari segi anatomi tubuh, buaya masih merupakan bagian dari Crocodylidae, salah satu ras hewan purbakala yang masih bertahan. Memiliki ukuran tubuh yang besar, bahkan tak jarang ada yang super besar melebihi ukuran buaya normal pada umumnya. Dari beberapa sumber yang di himpun, kali ini Harian 10 mencoba mengumpulkan dan menganalisis 10 buaya raksasa di dunia.

    Inilah 10 Buaya Terbesar Di Dunia    

Bagaimana saja ukuran buaya-buaya raksasa tersebut? Yuk, ini dia daftar 10 buaya terbesar didunia.

 1  Buaya Sarcosuchus Imperator di Afrika

Buaya Terbesar Sarcosuchus Imperator

Buaya ini di anggap sebagai buaya terbesar didunia karena memiliki anatomi tubuh yang superbesar. Memiliki panjang mencapai 13 meter dengan bobot tubuh seberat 8 ton membuat buaya ini layak disebut buaya monster. Jika diteliti, ukuran buaya ini lebih besar 10 kali lipat dibandingkan dengan ukuran buaya normal saat ini. Reptil yang ditemukan di Benua Afrika ini diketahui memiliki kecepatan lari sekitar 40-60 km/jam.

 2  Buaya Krys di Australia

Buaya Terbesar Krys di Australia

Penemuan buaya monster juga pernah terjadi di Australia. Buaya yang ditemukan tersebut bernama Buaya Krys. Hewan reptil yang satu ini juga berukuran superbesar dengan panjang 8,64 meter dan berat badan mencapai 1 ton. Anatomi tubuh dengan ukuran tersebut menjadikan Buaya Krys masuk dalam kategori raksasa.

 3  Buaya Gustave di Afrika

Buaya Terbesar Gustave di Afrika

Buaya tersebut menpunyai panjang hingga mencapai 6 meter dengan bobot berat badan sekitar 1 ton. Lagi-lagi buaya monster yang satu ini ditemukan di Benua Afrika, tempat yang dikenal sebagai wilayah yang paling banayk ditempati buaya-buaya dengan anatomi tubuh superbesar untuk berkembang biak. 

 4  Buaya Florida

Buaya Terbesar Florida

Buaya ini merupakan satu-satunya buaya dengan anatomi tubuh besar yang pernah ditemukan di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Buaya ini ditemukan beberapa tahun silam di daratan Florida. Ukuran tubuhnya cukup besar yakni panjang mencapai 3,7 meter dan berat sekitar 362,8 kilogram.

 5  Buaya Pocho-Puerto Rico 

Buaya Terbesar Pocho-Puerto Rico

Buaya Pocho-Puerto Rico ini termasuk ke dalam kategori buaya monster dengan panjang ukuran anatomi tubuh mencapai 5 meter dan bobot berat badan sekitar 1 ton. Buaya ini ditemukan dalam keadaan sekarat di sekitar sungai. Hingga akhirnya pada tanggal 11 Oktober 2011 buaya Pocho ini meninggal dunia. Hal tersebut sangat disayangkan sebab buaya ini tergolong dalam kategori buaya langka dan salah satu buaya terbesar di dunia.

 6  Buaya Cassius-Australia

Buaya Terbesar Cassius-Australia

Memiliki total panjang tubuh sekitar 5,5 meter dengan berat badan mencapai 1 ton menjadikan Buaya Cassius menjadi salah satu buaya raksasa selanjutnya yang pernah ditemukan di daratan Australia. Penemuan tersebut terjadi pada tahun 1994 sebelum kemudian buaya tersebut dibawa kedalam tempat penangkaran untuk dirawat. Berkat perawatan inilah, pada tahun 1997 Buaya Cassius dinobatkan sebagai buaya terbesar selama di penangkaran tersebut.

 7  Lolong-Filipina

Buaya Terbesar Lolong-Filipina

Buaya monster yang satu ini memiliki total panjang tubuh mencapai 6, 4 meter dengan bobot berat badan sekitar 1 ton. Penangkapan buaya yang termasuk dalam kategori buaya air asin ini melibatkan warga dan beberapa relawan yang memang telah melakukan pengintaian sekitar 3 minggu sebelum eksekusi penangkapan. Setelah ditangkap, buaya raksasa tersebut kemudian dibawa ke penangkaran di taman margasatwa lokal. 

 8  Buaya Sanggata-Kalimantan

Buaya Terbesar Sanggata-Kalimantan

Dinegara kita, Indonesia pernah juga ditemukan buaya berukuran besar. Buaya dengan panjang yang mencapai 7 meter dan bobot berat badan sekitar 1 ton ini ditemukan warga di Sanggata, Kalimantan. Adapun masyarakat di sekitar lokasi penangkapan memberikan julukan Buaya Sanggata ini dengan nama Buaya Monster Sanggata. 

 9  Buaya Normanton-Australia

Buaya Terbesar Normanton-Australia

Satu lagi buaya berukuran besar ditemukan di Negeri Kanguru. Buaya ini memiliki tubuh yang sangat mengerikan dan terkesan cukup buas. Panjang buaya ini ditaksir mencapai 8,64 meter dengan berat badan sekitar 1 ton. 

 10  Buaya Filiphina Town

Buaya Terbesar Filiphina Town

Buaya ini ditemukan dan ditangkap sendiri oleh seorang Zologist di sebuah wilayah di Filipina. Setelah ditangkap, Buaya Filiphina Town ini kemudian diserahkan ke kebun binatang setempat untuk ditangkarkan. Buaya monster ini memiliki panjang tubuh sekitar 6,2 meter.

    Jangan Lewaatkan Top 10 Dunia dibawah ini:    

Nah, itulah dia daftar 10 buaya terbesar di dunia yang berhasil kita rangkum kali ini. Buaya-buaya tersebut tentunya sangat berbeda dengan buaya normal yang sering kita jumpai pada umumnya. Mereka jelas lebih berbahaya dan mematikan ketimbang buaya-buaya dengan anatomi tubuh yang normal. Buaya-buaya raksasa mungkin masih banyak yang tersebar diberbagai penjuru dunia, tak terkecuali disekitar tempat tinggal Anda mungkin. Membayangkan melihat buaya-buaya raksasa tersebut secara langsung? Tentu rasa ngeri dan ketakutan akan menghampiri Anda, bukan?