Top 10 Tips Terbaru

10 Stadion Terbesar dan Termegah di Dunia

Harian 10  - Sepakbola tak melulu identik dengan 22 pemain yang bertarung di lapangan dalam sebuah pertandingan. Ada beberapa daya tarik dari sepakbola yang menjadikannya sebagai olahraga paling di minati di seantero jagat raya ini, salah satunya adalah infrastruktur yang berkelas.

Stadion sepakbola yang megah dengan kapasitas penonton yang besar tentunya menjadi primadona tersendiri dalam menikmati olahraga si kulit bundar ini. Tahukah anda bahwa diantara banyaknya stadion diberbagai belahan dunia ini terdapat 10 stadion yang dianggap sebagai stadion terbesar dan termegah di dunia

Ya, kali ini Harian 10 mencoba mengklasifikasikan 10 stadion terbesar dan termegah di dunia tersebut dalam ulasan khas kami berikut ini.

10 Stadion Terbesar dan Termegah di Dunia


 1  International Stadium Yokohama, Yokohama, Jepang

International Stadium Termegah Yokohama

Dibangun untuk perhelatan Piala Dunia 2002 yang merupakan Piala Dunia pertama yang digelar di Benua Asia dengan dua negara sekaligus yakni Korea Selatan dan Jepang. Pembangunan stadion yang berkapasitas 70.000 penonton ini menelan biaya sekitar 60 miliar Yen. Desain bangunan dan berbagai fasilitas super mewah terdapat di dalam arena yang memakai rumput lokal Jepang yang hijau dan alami ini. Beberapa keunggulan yang dimiliki stadion ini diantaranya atap yang bisa dibuka dan ditutup secara otomatis, jaringan pipa air panas yang ditanam di bawah stadion, terdapat dua layar raksasa, serta dilengkapi dengan 824 buah lampu untuk menerangi semua sisi stadion.

 2  Azadi, Teheran, Iran 

Stadion Termegah Azadi, Teheran, Iran

Meski Iran tidak terlalu mencolok prestasinya dalam cabang olahraga sepakbola, namun siapa sangka kalau salah satu negara Islam ini memiliki stadion super megah bernama Azadi. Selain sebagai markas tim nasional Iran, stadion yang punya kapasitas 100.000 penonton ini juga merupakan kandang dua klub sepakbola di Teheran, Perespolis FC dan Esteghlal FC. Stadion ini terakhir menggelar event besar ketika Iran menjadi tuan rumah Asian Games 1974.

 3  Stadion Olimpico, Rome, Italia

Stadion Terbesar Stadion Olimpico, Rome

Sebagai salah satu kekuatan besar sepakbola di dunia, tak heran jika Italia sudah dua kali dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia. Pertama, pada tahun 1934 dimana diselenggarakan di stadion Del PFN dan pagelaran kedua pada tahun 1990 yang partai finalnya diselenggarakan di stadion Olimpico ini. Stadion ini juga adalah markas dua musuh bebuyutan yang menjadi kekuatan sepakbola di ibukota Italia, yakni AS Roma dan Lazio. Namun AS Roma pernah menelan pil pahit di stadion ini ketika dikalahkan oleh Liverpool melalui adu penalti pada partai final Liga Champions Eropa tahun 1984. Renovasi terakhir stadion ini dilakukan pada tahun 2001 yang menelan biaya jutaan miliar dolar.

 4  San Siro, Milan, Italia

Stadion Terbesar an Siro, Milan

Stadion yang juga mempunyai nama lain Giuseppe Meazza ini adalah rumah bagi dua klub tersukses di Eropa, AC Milan dan Inter Milan. Setiap tahunnya, stadion ini menggelar derby terpanas di Italia yang lebih dikenal dengan istilah Derby Milano. Stadion ini juga di huni oleh suporter garis keras Italia, Ultras. Dengan kapasitas 80.000 kursi penonton, pencahayaan yang luar biasa, serta memiliki VIP lounge dan bar menjadikan stadion ini menjelma menjadi salah satu yang terbaik di Negeri Pizza. 

 5  Maracana, Rio De Janeiro, Brazil

Stadion Terbesar Maracana, Rio De Janeiro

Sebagai negara yang mendewakan sepakbola serta peraih juara dunia lima kali, Brazil layak memiliki stadion semegah Maracana ini. Berkapasitas 125.000 kursi dan dibangun atas dasar persetujuan parlemen Brazil untuk menyambut pagelaran Piala Dunia 1950. Meski sudah terbilang cukup besar, stadion ini masih saja kewalahan menampung suporter dari kesebelasan yang bertanding kala itu yang mencapai 200.000 penonton. Di Piala Dunia 2014, stadion yang menjadi markas klub Rio Vasco De Gama ini kembali menjadi salah satu venue pertandingan dan sukses menggelar laga pembukaan yang mempertemukan tuan rumah Brazil dengan Kroasia. Sebelum Piala Dunia 2014, stadion bersejarah ini telah direnovasi dengan menelan biaya sekitar 40 juta USD. Dengan biaya pembanguna yang sangat mahal menjadikan maracan masuk dalam 10 stadion terbesar dan termegah di dunia.

 6  Louis II, Monte Carlo, Monaco

Stadion Terbesar Louis II, Monte Carlo

Stadion yang diklaim sebagai stadion ternyaman di Benua Eropa ini dibangun pada tahun 1937 dan diresmikan pada tahun 1985. Stadion ini memiliki nuansa arsitektur khas Monaco serta sudah beberapa kali mengalami pemugaran. Arena ini memiliki kapasitas 200.000 kursi penonton.

 7  Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol

Stadion Terbesar Estadio Santiago Bernabeu

Stadion milik klub sepakbola tertua di Eropa, Real Madrid ini didirikan pada tahun 1947 oleh pemerintah Madrid. Tercatat pernah menghelat laga final Piala Dunia 1982 serta beberapa kali laga final Liga Eropa. Renovasi terakhir stadion ini dilaksanakan pada tahun 2005 secara besar-besaran namun sama sekali tak mengurangi nilai sejarah dan keunikan yang terkandung dalam bangunan tua ini.

 8  Old Trafford, Manchester, Inggris

Stadion Terbesar Old Trafford, Mancheste

Merupakan stadion markas klub The Red Devils, Manchester United. Dikenal dengan atmosfer yang cukup angker dan menakutkan bagi setiap klub yang bertandang ke stadion ini. Bangunan inilah menjadi saksi bisu kedigdayaan Manchester United dalam berbagai kompetisi baik liga domestik maupun Liga Eropa. Satu hal yang unik dari stadion ini adalah dari kapasitas 68.000 kursi penonton, hanya 3.000 kursi yang diperuntukkan untuk suporter lawan. Insiden huru-hara pun kerap kali terjadi di setiap laga, tak heran dalam setiap pertandingan yang digelar aparat keamanan selalu siap siaga disetiap penjuru stadion.

 9  Nou Camp, Barcelona, Spanyol

Stadion Terbesar Nou Camp, Barcelona

Didirikan pada tahun 1957 dengan total biaya sebesar 3 juta USD, stadion ini memiliki lapangan sepakbola terbesar di Benua Eropa. Adalah FC Barcelona yang menjadi pemilik stadion berkapasitas 120.000 penonton ini. Tercatat sebagai salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia 1982 dan beberapa kali menggelar laga final Liga Eropa. Stadion ini merupakan salah satu ikon klub Catalan yang dikenal bersaing ketat dengan Real Madrid di liga domestik.

 10  Estadio Azteca, Mexico City, Meksiko

stasion terbesar Estadio Azteca

Stadion ini cukup bersejarah bagi dua legenda sepakbola dunia, yaitu Pele dan Diego Maradona. Pada Piala Dunia 1970, Pele melalui kepiawaiannya mengocek bola berhasil mengantar Brazil menjadi juara dunia setelah menghempaskan Italia dengan skor meyakinkan 4-1. Pada tahun 1986 yang menjadi pagelaran Piala Dunia yang kedua kalinya di stadion ini giliran Diego Maradona unjuk gigi. Maha bintang Argentna ini menunjukkan salah satu penampilan terbaiknya ketika membawa Argentina melibas tim Panser Jerman. 

Guys, itulah 10 stadion terbesar dan termegah di dunia yang berhasil kita rangkum dalam ulasan kali ini. Stadion yang megah dengan fasilitas serba ada tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggila bola. Tak jarang dari mereka rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menyaksikan sebuah pertandingan yang digelar distadion tersebut. Anda pasti berminat mengunjungi salah satu dari stadion tersebut diatas, bukan? Apalagi kalau klub favorit anda bermarkas di salah satu stadion tersebut. Syaratnya, persiapkan dana anda dan bersiaplah untuk berpetualang. Well, semoga bermanfaat.