Top 10 Tips Terbaru

Inilah 10 Orang Terkaya Di Dunia

Harian 10  - Tak bisa dipungkiri uang sudah menjelma menjadi penguasa jagat raya ini. Segala sesuatu yang menjadi kebutuhan manusia nyaris tidak ada yang bisa terpenuhi tanpa adanya pundi-pundi keuangan. Berdasarkan fakta inilah semua orang berlomba-lomba untuk menjadi kaya. Menjadi seorang miliarder tentunya adalah impian semua manusia seantero bumi ini. 

Dalam ulasan khas Harian 10 kali ini, kita akan membahas 10 orang terkaya di dunia. Dengan kekayaan dan harta melimpah yang dimiliki, mereka tidak hanya menobatkan diri sebagai orang tersukses sejagad akan tetapi mereka layak dijuluki sebagai penakluk dunia. 

Siapa saja mereka? Berikut 10 Orang Terkaya Di Dunia dari hasil rangkumannya. 

Inilah 10 Orang Terkaya Di Dunia

1.  Carlos Sim (Meksiko) 

Carlos Sim (Meksiko)

Berdasarkan rilis terbaru yang dikeluarkan majalah ekonomi terkemuka dunia, Forbes menempatkan Carlos Sim sebagai jawara orang terkaya nomor satu dijagat raya ini. Bukan hanya di tahun 2014 ini, pengusaha filantropis berkebangsaan Meksiko ini sudah meraih gelar tersebut empat tahun berturut-turut sejak tahun 2011. Pria yang juga pemimpin dan CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico dan America Movil ini dikenal memiliki bakat dibidang bisnis sejak masih belia. Di umur 10 tahun ia menjadi penjaja minuman dan makanan ringan untuk membantu keluarganya. Berbekal ilmu teknik yang dimiliki, ia kemudian merintis perusahaan real estate dan terlibat aktif dalam perdagangan bursa saham Meksiko. Sebagai orang terkaya nomor wahid, beliau tak lantas memberlakukan gaya hidup boros dalam kesehariannya. Ia tetap menempati rumah pribadinya yang telah berusia kurang lebih 40 tahun. Selain itu, pengusaha yang kekayaannya tercatat sebanyak $71 milyar ini tetap setia dengan tumpangan Mercedes Benz tuanya.

2.  Bill Gates (AS) 

Bill Gates (AS)

Siapa yang tak mengenal sosok bernama asli William Henry Gates III ini. Beliaulah yang merintis berdirinya perusahaan perangkat lunak raksasa, Microsoft. Seperti kita ketahui bersama, Microsoft ini digunakan oleh hampir semua orang di seantero dunia khususnya dalam mengoperasikan komputer. Khusus dibeberapa negara termasuk Indonesia, Microsoft bahkan sudah dijadikan sebagai salah satu pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Bill Gates yang juga pernah tercatat sebagai mahasiswa Harvard University ini dikenal sebagai penulis dan ketua Microsoft Corporation, disamping sebagai investor, tokoh bisnis, dan filantropis. Menurut beberapa media, karakter bersahaja tetap melekat dalam diri Gates meski sudah menapaki kesuksesan seperti sekarang ini. Pemilik kekayaan sebesar US$61 milyar ini dikenal tak segan mencuci piring bekas makannya sendiri.

3.  Amancio Ortega (Spanyol) 

Amancio Ortega (Spanyol)

Pengusaha yang dikenal dengan strategi mengedepankan permintaan pasar melalui pelayanan yang maksimal ini merupakan pengecer pakaian terbesar di dunia. Memulai karier bisnis di kediamannya di La Coruna sejak tahun1960, beliau kini menempati posisi ketiga orang terkaya di dunia dengan pundi-pundi kekayaan sebesar 57 milyar USD. Angka ini juga sudah cukup mengantar beliau sebagai orang terkaya di Spanyol dan Eropa. Pebisnis yang telah berusia 76 tahun ini selain memiliki rumah mode bernama Zara juga menjabat sebagai CEO perusahaan Inditex. Beliau mempekerjakan kurang lebih 200 desainer yang ditugaskan berkeliling dunia memantau perkembangan fashion diberbagai belahan dunia. Inovasi di setiap produknya pun di inspirasi oleh perkembangan fashion disetiap negara sehingga tetap menjadi buruan konsumennya.

4.  Warren Buffet (AS) 

Warren Buffet (AS)

Lelaki kelahiran 30 Agustus 1930 ini pernah berprofesi sebagai tukang loper koran dan pencari bola golf ketika masih berusia 11 tahun. Merintis bisnis sejak tahun 1965 silam di Nebraska, beliau kini dikenal memiliki berbagai lahan bisnis dari bisnis kereta api sampai bisnis es krim. Dengan kekayaan sebesar 53,5 miliar USD tak menjadikan beliau hidup berfoya-foya. Gaya hidup sederhana tetap melekat dalam kesehariannya diantaranya tinggal disebuah rumah dengan 3 kamar kecil yang dibelinya 50 tahun yang lalu, membeli kebutuhan yang memang diprioritaskan, serta menolak menggunakan jasa sopir dan memilih menyetir sendiri kendaraan tumpangannya. 

5.  Larry Ellison (AS)  

Larry Ellison (AS)

Berasal dari keluarga yang kurang mampu, Larry terlahir dalam keadaan yatim piatu sebelum kemudian diadopsi oleh Lillian Spellman Olison dan Louis Ellison ketika berusia 9 tahun. Meski sempat putus kuliah karena faktor finansial keluarganya yang tidak mendukung sejak ibu angkatnya meninggal dunia, pengusaha bernama lengkap Lawrence Joseph Ellison ini dikenal sebagai orang yang pantang menyerah. Berbagai upaya dan kerja kerasnya pun tak sia-sia, pendiri sekaligus CEO dari Oracle Corporation ini sudah memiliki kekayaan yang ditaksir sebesar 43 miliar USD. 

6.  Charles Koch (AS) 

Charles Koch (AS)

Berawal dari ayahnya yang merintis berdirinya Koch Industries bersama rekannya Lewis E. Winkler dengan nama Winkler Koch Engineering pada tahun 1925 silam. Mereka berdua menemukan sebuah metode untuk mengubah minyak menjadi bensin. Setelah ayahnya wafat, perusahaan yang dirintis tersebut diambil alih pengelolaannya oleh kedua putranya yang juga berstatus insinyur, Charles dan David. Sebagai anak tertua, Chales Koch menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Direksi dan CEO dari Koch Industries. Sebagai perusahaan skala menengah atas dengan ekspansi di 60 negara, Koch Industries meraup pemasukan tahunan sebesar 100 miliar USD atau kurang lebih Rp 913,2 triliun.

7.  David Koch (AS) 

David Koch (AS)

Berbeda dengan kakaknya, selain menggeluti bisnis dan filantropis pria kelahiran Arkansas, 3 Mei 1940 ini lebih dikenal sebagai aktivis politik yang dermawan. Alumni dari salah satu universitas termasyhur didunia, Massachusetts Institute of Technology jurusan Chemical Engineering ini berlatar belakang dari keluarga berpendidikan. Karir politiknya dimulai di partai liberal Amerika Serikat yang sempat mencalonkan beliau menjadi wakil presiden pada tahun 1980. Selanjutnya, ia memilih hengkang ke Partai Republik pada tahun 1984 sebelum akhirnya fokus dengan jabatannya sebagai Vice President di Koch Industries yang merupakan perusahaan milik keluarganya. Salah satu yang menonjol dari beliau adalah kedermawanannya. Sebagai bukti, dalam rentang waktu antara tahun 1998-2012 beliau telah menggelontorkan dana sebesar 395 juta USD untuk membiayai beberapa proyek penelitian dan pengembangan obat untuk penyakit kanker. Dalam rilis terakhir majalah Forbes medio 2013, kekayaan David Koch mencapai angka 34 milyar USD.

8.  Li Ka Shing (Hong Kong) 

Li Ka Shing (Hong Kong)

Ketika masih muda, beliau sudah harus bertarung menghadapai kerasnya kehidupan. Karena kemiskinannya beliau sempat putus sekolah, menumpang dirumah pamannya, dan menjadi tulang punggung keluarga dengan bekerja sebagai buruh pabrik plastik ketika berusia 15 tahun kala itu ayahnya sudah meninggal dunia. Berkat kerja keras dan tanggungjawab besar yang dimilikinya, beliau kini tercatat sebagai pebisnis terkaya di Hong Kong dan Asia Timur dengan total kekayaan sebesar 31 milyar USD. Pria berusia 85 tahun ini menguasai sekitar 13% container dunia dan juga merupakan investor terbesar untuk perusahaan teknologi Facebook dan Spotify.

9.  Liliane Battencourt (Perancis) 

Liliane Battencourt (Perancis)

Beliau merupakan anak tunggal dari pendiri merek kosmetik dan kecantikan yang sangat terkenal di dunia, L’Oreal. Tidak seperti kebanyakan anak tunggal lainnya yang terkesan manja, Lilliane merintis bisnisnya dengan kerja keras dan penuh kemandirian. Pundi-pundi kekayaan sebesar 30 milyar USD cukup mengantarkan beliau sebagai satu-satunya wanita yang berhasil menembus jajaran 10 orang terkaya didunia.

10.  Bernard Arnault (Perancis) 

Bernard Arnault (Perancis)

Pengusaha ini dikenal sebagai pemilik perusahaan LVMH yang memproduksi beberapa merk barang mewah dunia seperti Luis Vuitton, Moet dan Hennessy. Sebelumnya pada tahun 2012 beliau sempat berada di urutan ke empat orang terkaya di dunia, namun pada tahun ini posisinya melorot ke peringkat 10 dengan jumlah kekayaan sebesar 29 milyar USD. 

Itulah 10 orang terkaya di dunia yang sempat kita rangkum kali ini. Ada beberapa pelajaran penting yang semestinya kita petik dari kisah para miliarder tersebut, diantaranya kerja keras dan kemandirian. Dari latar belakang kehidupan apapun, dengan kerja keras kesuksesan akan menjadi hal yang tidak mustahil untuk kita raih. Hidup boleh serba kekurangan tapi dengan usaha yang pantang menyerah peluang menuju keberhasilan terbuka lebar. Semoga bermanfaat yah, guys.