Top 10 Tips Terbaru

Inilah 10 Orang Terkaya di Indonesia

Harian10 - Apakah Anda tahu bahwa tahun 2014 ini dinobatkan sebagai tahunnya para miliarder? Ya, berdasarkan pengamatan Global Forbes yang mereka rilis di tahun 2014 ini jumlah miliarder diseluruh dunia menunjukkan angka 1.645 miliarder. Jumlah ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah. Dari angka total miliarder tersebut, 19 nama diantaranya berasal dari Indonesia. Dari 19 nama tersebut, kami mencoba merangkum 10 orang terkaya di Indonesia.
ADVERTISEMENT

   10 Orang Terkaya di Indonesia   


 1  Robert Budi Hartono


Merupakan pemilik PT Djarum Group dan juga pemegang saham terbesar Bank Central Asia (BCA) sebesar 51 persen bersama kakaknya, Michael Hartono. Dua kakak beradik ini juga dikenal sebagai pemilik Grand Indonesia dan perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektar di Kalimantan Barat. Perusahaan mereka, Djarum Group juga bergerak dibidang bisnis elektronik dibawah naungan Polytron yang sudah merambah dunia elektronik 30 tahun belakangan ini. Selain kulkas, produk video dan audio, AC, serta dispenser, Polytron juga kini mulai memproduksi telepon seluler. Yang terbaru mereka merintis perusahaan yang bernama Ventures Global Prima Digital, dimana mereka berhasil mengakuisisi salah satu situs resmi yang terpopuler di Indonesia, yaitu Kaskus.

 2  Michael Hartono


Dengan total kekayaan sebesar 7,3 miliar USD beliau menempati urutan kedua daftar orang terkaya di Indonesia setelah adiknya Robert Budi Hartono. Selain fokus menggeluti bisnis rokok Djarum serta perbankan, bersama adiknya beliau memiliki investasi saham mayoritas di BCA, pemilik properti Grand Indonesia, serta perkebunan sawit di Kalimantan Barat. Pria asal Jawa Tengah ini dikenal lihai memanfaatkan peluang dalam mempromosikan produknya. Terbukti, produk Djarum menjadi salah satu produk paling di minati di Amerika Serikat.

 3  Chairul Tanjung


Pria yang akrab disapa CT ini berkecimpung diberbagai bidang bisnis seperti multi media, keuangan, dan properti. Berlatar belakang kesulitan finansial, dengan jiwa bisnis yang dimilikinya sejak kuliah beliau sudah menjalankan bisnis kecil-kecilan diantaranya jual kaos dan buku serta membuka toko peralatan laboratorium meski pada akhirnya gulung tikar karena bangkrut. Namun perjuangan tak kenal menyerah mengantar beliau menjadi seorang miliarder. Kini, beliau dikenal sebagai pendiri Trans Corp yang membawahi Trans 7 dan Trans TV, pemilik Para Group, Bandung Supermall, dan menjabat sebagai Komisaris Utama PT Carrefour Indonesia. Kesuksesan tersebut menobatkan penulis buku Anak Singkong ini sebagai orang ketiga terkaya di Indonesia dan posisi ke-375 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai 4 miliar USD.

 4  Sri Prakash Lohia


Pengusaha asal India yang telah beralih kewarganegaraan menjadi WNI ini bergerak dibidang industri tekstil. Bersama ayahnya beliau mendirikan perusahaan polyester yang diberi nama Indorama Corporation yang dulunya merupakan pabrik benang. Kini perusahaan Indorama tersebar diberbagai kota, terutama Jakarta dengan berbagai nama diantaranya Indorama IPLIK, PT Indorama Synthethic, Indorama Shebin, ISIN Lanka, dan Medisa Technologies. Produk yang ditawarkan pun sangat beragam, seperti poliested, PET resin, sarung tangan medis, polyethylene, dan polypropylene. Selain tekstil, bidang Real Estate juga menjadi penyumbang pundi-pundi kekayaan beliau yang hingga saat ini mencapai total 3,5 miliar USD.

 5  Peter Sondakh


Pria asal Malang ini merintis kesuksesannya melalui perusahaan rokok Bentoel dan Rajawali Group. Tak hanya di dalam negeri, beliau juga mendirikan beberapa perusahaan diluar negeri. Pengusaha yang satu ini dikenal sangat menggemari dunia sepak bola. Terbukti beliau bersedia mendanai klub sepak bola AREMA, serta menjadi sponsor klub sepakbola Persipura dan PSM Makassar melalui perusahaan Semen Bosowa. Hingga kini, jumlah kekayaan beliau ditaksir sebesar 2,8 miliar USD.

 6  Mochtar Riady


Pria yang dijuluki sebagai The Magic Man of Bank Marketing karena memiliki kehebatan ilmu perbankan ini merupakan pendiri Lippo Group. Lippo Group sendiri hingga saat ini memiliki 50 anak perusahaan dengan total karyawan mencapai 50 ribu orang. Beberapa bidang bisnis yang dikelola Lippo Group (Bank Lippo) mencakup jasa keuangan seperti asuransi, reksadana, perbankan, serta dibidang properti dan urban development. Bisnis pengusaha kelahiran Malang ini juga merambah sampai keluar negeri seperti Guang Zhou, Fujian, Shanghai dan Hong Kong. Jumlah kekayaan beliau saat ini diperkirakan sebesar 2,5 miliar USD.

 7  Sukanto Tanoto


Memulai kesuksesan ketika perusahaan industri pulp dan kertas miliknya masuk dalam Bursa Efek New York. Disamping menjalankan bisnis lainnya sebagai pemasok utama alat dan barang kebutuhan untuk perusahaan negara, Petamina. Saat ini beliau juga mulai merintis bisnis-bisnis lainnya termasuk industri kertas, minyak sawit, konstruksi dan energi. Pria kelahiran 25 Desember 1949 ini ditaksir memiliki jumlah kekayaan sebesar 2,1 miliar USD.

 8  Bachtiar Karim


Bersama dua saudaranya, Burhan dan Bahari, beliau menggeluti perusahaan yang bergerak dibidang minyak kelapa sawit. Perusahaan yang bernama Musim Mas tersebut termasuk ke dalam salah satu pabrik minyak sawit terbesar di dunia, dimana memiliki kapal, tanker, dan terminal sendiri. Selain mereka bersaudara, sang ayah yang bernama Anwar juga mendirikan industri pembuat sabun dan margarin terbesar yang diberi nama Nam Cheong Soap Factory. Dengan kekayaan sebesar 2 miliar USD, Bachtiar Karim didaulat sebagai orang terkaya ke-8 di Indonesia dan posisi ke-869 orang terkaya di dunia.

 9  Theodore Rachmat


Alumni teknik mesin Institut Teknologi Bandung tahun 1986 yang akrab disapa Teddy Rachmat ini merupakan keponakan dari William Soeryadjaya. Beliau dipercaya mengelola beberapa cabang perusahaan diantaranya perusahaan bidang konstruksi PT Porta Nigra, PT Tripel A Jaya, serta PT Astra Honda Motor, dimana sempat menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Internasional pada tahun 1984. Pengusaha yang juga memiliki saham diberbagai perusahaan diantaranya PT Windu Tri Nusantara dan PT Surya Semesta Internusa ini memiliki kekayaan sebesar 1,85 miliar USD.

 10  Tahir


Posisi kesepuluh orang terkaya di Indonesia ditempati pengusaha yang bergerak di berbagai bidang bisnis ini. Dimulai dengan mendirikan usaha dealer mobil pada tahun 1980, membuka bisnis garmen, mendirikan Bank Mayapada tahun 1990, toko bebas bea, rumah sakit, serta perusahaan medis. Disamping itu, pemegang posisi ke-973 orang terkaya didunia ini juga memiliki 11 perusahaan properti yang tersebar di Bali, Indonesia, dan Singapura.

Well, itulah tadi rangkuman 10 orang terkaya di negeri kita Indonesia. Untuk mencapai kesuksesan seperti mereka diatas dibutuhkan kerja keras dan semangat pantang menyerah. Mari jadikan mereka sebagai motivasi untuk kita semua demi menggapai kesuksesan yang tentunya menjadi idaman kita semua. Semoga artikel harian 10 bermanfaat yah.