Top 10 Tips Terbaru

10 Negara Terbesar dan Terluas di Dunia

Harian 10 - 10 Negara Terbesar dan Terluas di Dunia - Sebuah fakta menarik lagi kali ini tentang suatu negara yang terbesar dan terluas, kita tau negara merupakan suatu bentuk kesatuan masyarakat pada suatu wilayah tertentu yang memproklamasikan sebagai suatu negara dan memiliki suatu sistem pemerintahan di dalamnya. Negara bertanggung jawab pada seluruh warganya yang berada pada wilayahnya, berbicara mengenai wilayah suatu negara akan menjadi suatu hal yang menarik karena luas setiap negara tentu akan berbeda.
ADVERTISEMENT
Nah, dalam kesempatan ini kita akan mengetahui negara manakah yang memiliki wilayah paling luas. Wilayah yang luas merupkan suatu ciri bahwa mereka adalah bangsa yang besar.

  10 Negara Terbesar dan Terluas di Dunia  

gambar peta rusia

Berikut 10 Negara Terbesar dan Terluas di Dunia

1. Rusia
Negara Rusia memiliki wilayah terluas di dunia yaitu 17.075.200 km persegi. Negara ini beribu kota di Moscow, bahasa nasionalnya adalah  Rusian. Rusia terletak di benua Eropa bagian timur dan berbatasan langsung dengan benua Asia.

2. Kanada
Di posisi kedua ditempati oleh negara Kanada dengan luas wilayah  9.976.140 km persegi. Negara ini terletak di benua Amerika bagian utara dan beribu kota di Toronto. Bahasa nasionalnya adalah Inggris dan yang terkenal di negara ini adalah Menara CN.

3. Amerika Serikat
Negara ini merupakan Adidaya di dunia, Amerika Serikat memiliki luas  wilayah 9.629.091 km persegi dan beribu kota di Washington D.C. Negara ini sangat maju dalam segala bidang, dan salah satu yang terkenal adalah industri film Hollywood.

4. Cina
Negara ini terletak di benua Asia dengan luas wilayah 9.596.960 km  persegi dan juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Cina merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia, negara ini beribu kota di Beijing.

5. Brazil
Brazil merupakan negara yang berada di Amerika Latin dengan luas wilayah 8.511.965 km persegi. Negara ini memiliki hutan terluas di dunia yaitu hutan Amazon dan sungai terpanjang yaitu sungai Amazon. Negara ini terkenal dengan sepakbola nya, bintang lapangan hijau seperti Pele, Ronaldo, Ronaldinho lahir disini. Brazil juga sukses menggelar Piala Dunia pada tahun 2014.

6. Australia
Australia sebenarnya adalah benua terkecil di dunia dengan luas wilayah 7.686.850 km persegi. Penduduk asli di negara ini adalah suku Aborigin yang terkenal dengan senjata Boomerang.

7. India
Negara terluas selanjutnya adalah India yang memiliki luas wilayah 3.287.590 km persegi. India beribu kota di New Delhi, dan yang terkenal di negara ini adalah bangunan Taj Mahal dan industri film Bollywood.

8. Argentina
Argentina termasuk negara dari Amerika Latin dengan luas wilayah 2.766.890 km persegi. Argentina beribu kota di Buenos Aires dan terkenal dengan kecantikan penduduk wanitanya, sama seperti Brazil negara ini juga terkenal dengan sepakbola.

9. Kazakhstan
Negara ini merupakan pecahan dari Uni Soviet yang memproklamasikan  kemerdekaannya pada 16 Desember 1991.

10. Aljazair
Dan yang terakhir di posisi 10 negara terluas adalah Aljazair atau yang dikenal sebagai Algeria. Negara ini terletak di benua Afrika dengan mayoritan penduduknya beragama islam.

Jangan Lewatkan Top 10 Dunia Lainnya :

Mungkin itulah pembahasan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang  telah kita bahas tadi dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan sahabat harian10 semuanya. Sekian saja fakta menarik seputar  10 Negara Terbesar dan Terluas di Dunia.