Top 10 Tips Terbaru

10 Fakta Unik dan Aneh Mengenai Gigi

Harian10 - Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang hampir tiap hari kita rawat. Setiap hari kita menyikat gigi dan juga menggunakannya, namun hampir tidak ada diantara kita yang mengetahui apa saja kah fakta unik di balik gigi kita. Mungkin yang diketahui umum bahwa gigi hanyalah berfungsi sebagai pengunyah makanan tapi artikel di bawah ini akan mengubah sudut pandang anda mengenai gigi.
ADVERTISEMENT

10 Fakta Unik dan Aneh Mengenai Gigi

perawatan gigi
Ilustrasi Merawat Gigi Ala Dokter
Berikut 10 Fakta Unik dan Aneh Mengenai Gigi 

1. Mengubah gigi menjadi permata.
Bangsa Maya yang hidup 2500 tahun lalu memiliki kebiasaan yang unik dengan mendekor giginya. Jika di jaman sekarang ini kebanyakan orang mengeluarkan banyak uang untuk memutihkan gigi, maka tidak bagi bangsa maya. Mereka lebih senang memberikan batu permata pada gigi mereka. Mungkin di jaman sekarang ada yang melakukan hal yang sama, namun ia hanya memberikan semacam lubang kecil dan menggantinya dengan permata. Namun bagi bangsa maya hal tersebut tidak ada apa-apanya, mereka lebih memilih mencopot seluruh gigi, dan menukarnya dengan batu permata seukuran pas dengan gigi mereka. Sangat menakjubkan.

2. Legenda Perez “si Tikus”
Beberapa negara di dunia memiliki kepercayaan pada si Peri gigi, dimana jika seorang anak kehilangan giginya maka ia akan meletakkannya di bawah bantal dan akan terganti dengan uang. Namun di belahan dunia lain, mereka memiliki kepercayaan berbeda. Bangsa Hispanic memiliki kepercayaan dan tradisi yang berbeda. Tradisi itu bermula sejak tahun 1894 ketika anak dari seorang Raja Spanyol kehilangan gigi susu pertamanya. Raja menginginkan peristiwa tersebut dijadikan special. Oleh karena itu ia memeritahkan pada seorang pendeta bernama Luis Coloma menuliskan sebuah cerita mengenai hilangnya gigi sang pangeran. Sang pendeta kemudian menciptakan karakte Ratoncito Perez yang juga dikenal dengan Peres si Tikus. Kemudian cerita tersebut berhasil diminati dan membius seluruh warga Hispnanic utamanya di kalangan anak-anak. Dimana Perez si tikuslah yang akan bertugas untuk mengumpulkan gigi anak yang telah copot.

3. Dokter Gigi Kaki Lima
Di jaman dulu profesi sebagai dokter gigi belum ada. Namun sejak dulu masalah pada gigi tidak pernah lepas sejak dulu. Sehingga beberapa orang berpikir untuk bekerja sebagai orang yang berprofesi khusus untuk mengobati atau pada jaman dulu lebih dikenal dengan memperbaiki gigi. Tidak ada pelatihan khusus bagi mereka, namun jika ia telah memiliki alat yang pantas, maka ia diijinkan untuk membuka lapak di pinggr jalan sama halnya dengan tukang cukur dan beberapa profesi lannya. Hingga pada tahu 1800 an perkembangan ilmu pengetahuan kemudian mendorong terbentuknya profesi khusus dokter gigi.

4. Menumbuhkan gigi secara kloning
Beberapa peneliti di China berhasil menumbuhkan gigi secara cloning jika anda telah kehilangan gigi. Namun proses oenumbuhan gigi tersebut belum mendapatkan izin untuk ditumbuhan pada manusia karena prosesnya yang cukup membahayakan. Oleh karena itu percobaan ini hanya dilakukan pada tikus dan terbukti berhasil.

5. Pengobatan Sakit Gigi Alami.
Ada pepatah mengatakan lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Namun pada kenyataannya ternyata sakit gigi jauh lebih menyakitkan. Tetapi jangan salah sakit gigi merupakan penyakit yang sudah lama ada di dunia. Namun orang-orang di jaman dahulu walaupun tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai anatomi gigi, memiliki cara dan trik sendiri untuk mengobatinya. Mereka menggunakan lilin dan juga cacing untuk menobati gigi mereka. Dan masih banyak lagi cara-cara yang tidak biasa yang mereka lakukan.

6. Kuman pada sikat gigi
Bukan hanya gigi saja yang bisa terkena kuman. Namun sikat gigi yang anda gunakan juga bisa berpotensi terkena kuman. Jika anda pernah mendengar nasehat untuk menjaga Kamar mandi anda untuk tetap bersih maka himbauan itu tidak main-main. Sebab jika kamar mandi anda kotor maka akan berdampak pada sikat gigi dan tentunya juga pada gigi anda. Oleh sebab itu sikat gigi anda haruslah tetap kering dan juga terjaga kebersihannya agar terhindar dari kuman.

7. Hari cinta gigi Nasional
China sebagai penduduk degan populasi terbanyak memiliki banyak sekali aturan dan perayaan yang unik. Salah satunya adalah Hari Cinta gigi Nasional. Pemerintah china lebih menyarankan kepada warganya untuk lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan mulut daripada kesehatan tubh. Sebab mereka percaya bahwa jika mulut telah terjaga kebersihannya makan akan baik pula bagi kesehatan seluruh tubuh. Olehnya itu Hari cinta gigi nasional diperingati untuk memberikan himbauan kepada warga china untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

8. Kerusakan Gigi Massal warga Appalachian
Warga Appalachian di Amerika Serikat merupakan wilayah yang sangat terbelakang di masalah ekonomi dan juga kesehatannya. Banyak sekali warga yang menderita kerusakan gigi yang dipengaruhi oleh ketergantungan kafein serta makanan yang mengandung gula. Selain itu warga disana pun tidak banyak yang memperhatikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sehingga pemerintah setempat menetapkan bahwa wilayah ini dikategorikan pada wilayah terkntaminasi kuman gigi.

9. Sikat gigi pertama
Sikat gigi dulunya tidak berbentuk seperti sekarang ini. Dulunya orng-orang hanya menggunakan siwak dan juga kayu untuk membersihkan giginya. Sikat gigi pertama di temukan di china yang pada awalnya hanya terbuat oleh bamboo sebagai pegangay dan sikatnya merupaka serta halus. Oleh karena itu seiring perkembangan jaman maka design sikat gigi pun berkembang dari bentuk serta bahannya.

10. Sikat gigi dengan cara baik
Banyak orang berpendapat bahwa menyikat gigi langsung setelah makan sangatlah baik. Namun ternyata pendapat itu salah. Ada kandungan dalam mulut yang akan terbentuk setelah makan dan baik bagi mulut anda. Sehingga menurut dokter gigi baik untuk berkumur saja dan setengah jam setelahnya barulah anda menyikat gigi.

Terima kasih telah membaca 10 Fakta Unik dan Aneh Mengenai Gigi . Semoga dengan artike diatas dapat menambah pengetahuan anda tentang gigi.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan dan Membersihkan Karang gigi