Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Cepat Menimbulkan Sikap Optimistis

Harian 10 - Saat melakukan serta mengusahakan sesuatu , tentunya tidak semudah membalikka telapak tangan. Akan ada banyak kendala yang akan dihadapi utamanya jika hal yang kita lakukan memang sulit. Dari banyaknya kendala, ada orang yang isa menghadapinya adapula yang tidak. Namun hal itu terjadi bukan karena sulitny, namun biasanya dipengaruhi oleh psikologis.

Salah satu yang sangat berpengaruh adalah sikap optimis. Saat kita optimis ke depannya akan banyak hal baik yang akan kita hadapi. Karena jika pesimis tentunya akan berdampak buruk pada hasil yang akan kita temui.
ADVERTISEMENT
Namun menumbuhkan sikap optimis tentunya tidak mudah. Sebab dalam menumbuhkan sikap optimis kendala utama kita adalah diri kita sendiri. Namun bagaimanakah cara menimbulkan sikap optimistis dalam diri kita?

10 Cara Cepat Menimbulkan Sikap Optimistis

Cara Cepat Menimbulkan Sikap Optimistis
Ilustrasi wanita yang Bersikap Optimistis
Berikut 10 Cara Menimbulkan Sikap Optimistis

1. Bersyukur
Bersyukurlah atas apapun yang Anda dapatkan. Tidak hanya bersyukur pada rezeki, kebahagiaan, dan kenyamanan hidup, tetapi juga bersyukur saat diberi hambatan dan kegagalan. Hal itulah yang akan mengasah kebijaksanaan manusia. Itu pulalah yang mengajarkan manusia cara bertahan dan berusaha.

2. Berbagi
Berbagi cerita kepada orang lain, baik cerita keberhasilan maupun cerita kegagalan. Berbagi cerita akan membuat kita menyadari bahwa kita tidak sendiri dalam perahu kehidupan ini. Itu pula yang akan menjadi ajang saling menguatkan dan memberi harapan.

3. Memaafkan

Memaafkan memang tidak mudah, namun akan menghalangi ganjalan pada langkah Anda meraih masa depan. Lupakan kesalahan masa lalu dan buka kehidupan yang lebih positif dan bahagia.

4. Jadi pendengar yang (lebih) baik

Mendengar yang tak hanya sekadar mendengar, tapi uga menyimak dan menelaah untuk mengambil lebih banyak pengetahuan. Pengetahuan dan keyakinan adalah bukti bahwa Anda aman dan positif dengan diri sendiri, sehingga memancarkan energi positif juga.

5. Ubah rasa iri menjadi energi

Iri atas prestasi orang lain hanya akan menyakiti diri sendiri. Jadikan rasa iri sebagai cambukan bagi Anda. Yakinkan diri bahwa Anda juga bisa melakukan yang orang lain bisa lakukan.

6. Perbanyak senyum, kurangi masam

Tersenyum tidak hanya merangsang orang di sekitar kita untuk ikut tersenyum. Tersenyum juga akan merangsang hormom serotonin (hormon bahagia) yang akan menemani Anda melewati hari terberat sekalipun.

7. Olahraga, diet sehat, dan konsumsi Vitamin D

Ini mungkin saran umum, tapi kita semua membutuhkan beberapa bentuk olahrahga ringan dan paparan sinar matahari setiap hari. Jika Anda kurang mendapat sinar matahari, konsultasikan ke dokter Anda, barangkali Anda membutuhkan terapi sinar atau suplemen vitamin D. Jangan lupa, imbangi dengan asupan makanan sehat setiap hari. Energi yang kita dapatkan dari olahraga, diet sehat, dan paparan cahaya akan memberikan kita sikap alami yang positif. "

8. Berpikir maju

Memiliki visi ke depan akan memberikan Anda bayangan untuk menemukan cahaya di setiap awan kesulitan. Yakinlah bahwa hari esok akan selalu lebih baik dari hari ini.

9. Berhenti menyalahkan orang lain
Seringkali kita menyalahkan orang lain jika kita mendapatkan posisi yang tidak menguntungkan. Kita menggerutu soal ekonomi, politik, atasan kita, dan pihak lain dalam masalah kita. Pada kenyataannya, Andalah yang mengontrol diri Anda sendiri. Jika Anda sudah meyakini hal itu maka keoptimisan dalam meraih kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

10. Pahami, masa lalu bukanlah catatan hitam untuk meraih masa depan

Kegagalan saat ini bukan berarti kegagalan masa depan. Jangan jadikan kegagalan masa lalu sebagai sandungan untuk Anda melangkah ke depan. Justru, kegagalan masa lalu adalah pembelajaran untuk meraih kesukesan di masa mendatang.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Menimbulkan Sikap Optimistis. Semoga artikel diatas dapat membuat anda lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : 10 Cara Paling Praktis Memulai Bisnis