Top 10 Tips Terbaru

10 Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Harian 10 - Ular merupakan salah satu hewan reptil yang tidak mempunyai kaki dan memiliki bentuk tubuh yang panjang. Hewan ini tersebar diseluruh penjuru dunia, diantaranya tumbuh dan berkembang di hutan, gunung, gurun, dataran rendah, lautan dan lingkungan-lingkungan lainnya. Kebanyakan dari ular-ular tersebut berkembang biak dengan cara bertelur. Mereka ada yang terkenal buas dan ganas ketika membunuh mangsanya. Ukuran dan panjang tubuh mereka pun beraneka ragam dari ular kecil sampai pada ular yang masuk kategori raksasa.
Nah, kali ini Harian 10 mencoba merangkum 10 ular raksasa terbesar didunia yang pernah ditemukan di berbagai belahan dunia.

    10 Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ada    

Ular Terbesar di Dunia
Penemuan Ular Terbesar di Dunia


Seperti apa saja mereka dan bagaimana ukuran sebenarnya? Yuk, simak rangkuman berikut.

 1  Ular Titanoboa
Ular Terbesar Titanoboa

Sejauh ini, ular ini diklaim sebagai ular terbesar yang pernah ada di dunia. Dengan panjang mencapai 13 meter dan diameter sebesar pinggul orang dewasa, ular ini setara dengan panjang sebuah bus. Ular ini ditemukan sekitar 58-60 juta tahun yang lalu di Kolombia tepatnya di hutan-hutan utara timur negara tersebut.

 2  Anaconda Hijau
Ular Terbesar Anaconda Hijau

Ular raksasa ini pada dasarnya tidak memiliki bisa. Meski tak berbisa, ular ini tidak boleh dikatakan tidak berbahaya sebab memiliki panjang hingga 11 meter yang siap melilit mangsanya. Lilitannya terbilang cukup ampuh dalam memangsa musuhnya. Satu fakta unik dari ular ini adalah memiliki bobot berat badan yang cukup tinggi yakni bisa mencapai lebih dari 100 kilogram.

 3   Anaconda Raksasa yang ditemukan di Sungai Abuna
AnacondaeTerbesar di Sungai Abuna

Ular ini pernah ditemukan di Abuna Rio, tepatnya di Sungai Abuna, Brazil. Sungai ini berada di kawasan sungai terbesar di Benua Amerika, yakni Sungai Amazon. Ular ini berukuran cukup besar dengan panjang hampir mencapai 13 meter atau setara dengan 45 kaki. Dari beberapa fakta yang ditemukan, ular ini terkenal buas dan sering menyerang kapal yang melintas di Sungai Amazon.

 4  Ular Raksasa Afrika
Ular Terbesar Afrika

Ular ini ditemukan di Kongo puluhan tahun silam. Ular ini berhasil dipantau dari udara melalui helikopter. Panjang ular tersebut diperkirakan mencapai 15 meter atau setara dengan ukuran 50 kaki. Ketika dipantau melalui udara, ular tersebut bereaksi cukup menakutkan dan bersiap menyerang helikopter yang terbang mengelilinginya. 

 5  Ular Raksasa Asia
Ular Terbesar Asia

Ular ini di klaim sebagai ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan di Benua Asia. Melalui legenda yang dikisahkan, ular yang bernama Nabau tersebut terbilang cukup mengerikan. Memiliki panjang kurang lebih 100 kaki atau sekitar 30 meter. Ular tersebut ditemukan hidup disebuah sungai di Kalimantan, yaitu Sungai Baleh.

 6  Ular Phyton Guihua di Sumatera

Ular Phyton Guihua Terbesar di Sumatera

Ada fakta menarik sekaligus mengerikan dari cerita tentang ular tersebut. Menurut warga setempat, ular ini diyakini mampu menelan manusia yang menjadi korbannya hanya dalam hitungan detik. Ular ini sendiri memiliki panjang mencapai 14,86 meter dengan bobot berat badan sekitar 447 kilogram. Ular ini pernah ditemukan di propinsi Sumatra Barat.

 7  Phyton Filipina
Ular Phyton Terbesar Filipina

Ular piton raksasa ini ditemukan disalah satu wilayah di Filipina. Memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan tergolong ular yang mematikan serta ganas dalam memangsa musuhnya. Bahkan seorang peneliti bernama Thomas Headland yang sempat meneliti tentang hutan hujan di Filipina secara tak sengaja menemukan data mengerikan dimana seperempat populasi penduduk suku Agta di wilayah tersebut tewas dibunuh ular yang satu ini. 

 8  Ular Boa Cina
Ular Boa Terbesar di Cina

Penemuan ular ini sempar menggegerkan negeri Tirai Bambu tersebut. Bagaimana tidak, ular raksasa ini ditemukan oleh para pekerja sebuah proyek pembuatan jalan baru di sekitar wilayah Kota Guping, Provinsi Jiangxi, China. Waktu itu para pekerja tersebut sedang membuka lahan yang akan dijadikan sebagai jalanan. Ukuran ular ini cukup besar yakni memiliki panjang sekitar 55 kaki atau setara dengan 16 meter.

 9  Ular Phyton Australia
Ular Phyton Terbesar Australia

Ular ini diberi nama Phyton Olive dan ditemukan disekitar wilayah Kimberly, Australia bagian barat. Ular ini juga termasuk dalam kategori buas, bahkan beberapa foto dokumentasinya memperlihatkan ular jenis piton ini sedang memangsa Wallaroo, sejenis dengan Kanguru. 

 10  Ular Yacumama
Ular Terbesar Yacumama

Cukup banyak cerita yang mengisahkan tentang ular yang melegenda ini. Salah satunya adalah jika ular Yacumama yang dalam bahasa Indonesia berarti Ibu Air ini bergerak, maka akan terasa getaran yang dahsyat didalam tanah. Ular ini diperkirakan hidup di Hutan Amazon diwilayah Peru, meski sebagian orang menganggap bahwa kehadiran ular tersebut masih bersifat misteri. 

Nah, itulah ulasan khas Harian 10 mengenai 10 ular raksasa terbesar di dunia. Kehadiran ular-ular tersebut ada yang bersifat kasat mata dan disaksikan secara langsung, namun ada pula yang masih menjadi misteri bagi penduduk setempat. Namun terlepas dari itu, beberapa jenis ular yang dideskripsikan diatas bukanlah ular sembarangan. Mulai dari ukuran tubuh yang panjang dan bobot yang berat, serta tingkat kebuasan dan memiliki bisa yang mematikan. 

Jangan Lewatkan Top 10 ini :