Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Menenangkan Jiwa, Hati dan Pikiran

Harian10 - Ada pepatah yang mengatakan, "di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat ". Namun tidak selalu pepatah itu bisa membuat jiwa anda sehat tanpa usaha. Kekuatan jiwa, hati dan pikiran merupakan pengaruh utama dalam menjalani kehidupan. Kebanyakan hal yang terjadi pada kita haruslah dihadapi dengan pikiran yang baik dan tenag. Tetapi lebih banyak diantara kita yang tidak memperhatikan hal tersebut. Malah mengedepankan ego dan bersikap brutal dalam menghadapi masalah.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu penting kiranya anda mengetahui pola dan cara agar dapat menenagkan jiwa, hati dan pikiran anda agar hidup anda juga bisa dijalani dengan tenang. 

10 Cara Menenangkan Jiwa, Hati dan Pikiran

Ilustrasi menenangkan jiwa hati dan pikiran

1. Melatih cara Berkomunikasi
Komunikasi merupakan kunci utama dalam bersosialisasi. Terkadang terjadi masalah saat seseorang harus berkomunikasi dengan orang lain, apalagi dalam menghadapi permasalahan beda pendapat. Oleh karena itu anda haruslah belajar berkomunikasi dengan baik, khusunya bagaimana menyampaikan pendapat yang berbeda dan bersikap saat pendapata anda kurang diterima. Dan yang jauh lebih penting adalah dengan melatih sikap rendah hati anda.

2. Mengubah Lingkungan
Mengubah lingkunga dalam hal ini bukanlah memaksa anda untuk mengganti teman-teman, tempat kerja apalagi tempat tinggala anda. namun lebih tepatnya ialah bagaimana anda bisa mengubah kebiasaan yang biasanya membuat anda tidak nyaman.

3. Relaksasi
Sudah banyak yang melakukan hal ini yaitu relaksasi. Relaksasi adalah sebuah teknik untuk mengatasi kekawatiran atau kecemasan dan juga stres yang dilakukan dengan cara pengendoran otot-otot dan syaraf. Dalam arti kata lain, relaksasi juga merupakan suatu kondisi istrahat pada aspek fisik dan mental manusia, sementara aspik spirit tetap aktif bekerja. Salah satu relaksasi yang umum dilakukan adalah dengan cara menarik nafas dalam-dalam, dan melakukan latihan-latihan ringan mengendurkan otot, serta dapat juga dilakukan dengan cara berkata-kata yang menyenangkan.

4. Mendengarkan Musik
Sejak dulu musik selalu menjadi kunci ketenangan. Setiap orang memiliki selera berbeda dengan musik, namun yang penting pilihlah jenis musik yang memang betul-betul menenangkan seperti musik klasik, reggae dan juga pop.

5. Tertawa
Tertawa adalah terapi yang sangat murah dan mudah. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.

6. Beribadah
Dekat dengan uhan bisa menuntun anda agar menjadi lebih tenang. Lakukanlah ibadah sesuai dengan kepercayaan agama anda masing-masing. Hal ini pasti membuat hati anda menjadi lebih damai. Anda bisa beribadah sendirian, mengunjungi tempat-tempat ibadah dan berdoa di sana, atau berkonsultasi dengan ahli agama. Yang jelas, dekatkanlah diri anda pada Sang Pencipta untuk meraih ketenangan batin.

7. Mengubah Cara Pandang
Mengubah cara pandang yang negatif menjadi sebuah pandangan yang positif adalah salah satu teknik cara menenangkan hati dan pikiran yang paling mudah dilakukan. Misalnya ketika Anda merasa sedang berada dalam posisi yang tidak menyenangkan, maka cobalah pikirankan bahwa posisi yang sedang Anda hadapi tersebut merupakan sesuatu yang memang benar-benar terjadi, tetapi hal itu bukanlah akhir dari segala-galanya dalam hidup Anda. Selalu berpikir positif akan membawa jiwa yang tenang.

8. Curhat ke Orang Lain
Jangan simpan permasalahan Anda. Jika Anda memiliki kekasih atau seseorang yang penting dalam hidup Anda, curhatlah masalah Anda dengan mereka. Mendengar masalah orang lain juga dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah Anda sendiri. Terkadang kita tidak sadar tentang sesuatu yang lebih baik sebagai solusi. Dengarlah dan berbicaralah dengan hati dan pikiran yang terbuka.

9. Butuh Waktu Untuk Diri Sendiri
Cobalah untuk bersantai. Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga Anda, membaca buku atau menonton film favorit, bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman , akan benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.

10. Olahraga ringan
Olahraga ringan seperti berenang, yoga, dan bersepeda sangat ampuh untuk membuat badan menjadi lebih rileks. Sepanjang anda tidak melakukannya secara berlebihan, olahraga ini bisa membantu anda untuk tidur lebih nyenyak dan bangun dalam kondisi yang lebih segar di pagi harinya. Akan lebih asyik lagi apabila anda melakukan aktivitas ini bersama teman-teman dekat anda.

Nah itulah beragam cara agar anda bisa memberikan ketenangan pada diri anda utamanya jiwa, pikiran, dan juga hati anda. Selamat Mencoba.