Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Alami Mengobati Cacar Air

Harian10 - Tentunya bagi sahabat harian 10 penyakit cacar air bukan lah penyakit yang asing. Sebab menurut orang-orang dulu, cacar air merupakan penyakit yang harus dialami dan diderita oleh semua orang. Secara ilmiah penjelasan mengenai cacar air adalah hal yang baik, sebab setelah terserang maka virusnya akan membentuk antibodi tersendiri.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu hal yang mesti difikirkan adalah bagaimana cacar air ini dapat diobati secara alami agar penanganannya tepat dan juga tidak meninggallkan bekas.

10 Cara Alami Mengobati Cacar Air

cacar air
Ilustrasi mengalami cacar air

Berikut merupakan cara alami mengobati cacar air.


1. Kunyit
Mengobati cacar air dengan menggunakan kunyit yaitu menumbuk kunyit dan buah asam sampai terasa halus, lalu tambahkan minyak kelapa dan setelah itu panaskan ramuan tersebut yang sudah jadi, tunggu sampai mendingin, sesudah dingin oleskan pada kulit secara merata.

2. Menggunakan Mengkudu
Buah mengkudu yang sudah matang (berwarna kuning) dibuat jus dan diminum seperti ramuan pertama secara rutin.

3. 25 gram temulawak
15gram kencur, 15gram asam jawa, dan 600cc air. Cuci dan potong kecil-kecil bahan-bahan tadi kemudian rebus sampai air berkurang setengahnya. Setelah itu air rebusan tadi bisa anda minum 2-3 kali sehari.

4. Daun Pegagan
Ambil daun pegagan secukupnya dan cuci bersih, kemudian dibuat jus dan dicampur dengan madu sesuai selera agar rasa lebih enak. Daun pegagan ini akan membantu proses peremajaan kulit dari dalam.

5. Menggunakan Jagung Muda
Jagung muda dicuci bersih dan diparut, kemudian oleskan pada kulit tubuh yang terkena cacar. Ramuan ini dapat dipakai saat cacar masih menjangkit tubuh dan dilanjutkan pada masa penyembuhan dan proses menghilangkan bekas cacar.

6. Menggunakan Kacang Hijau
Kacang hijau direndam dalam air hingga mengembang/ membengkak, kemudian tumbuk halus dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar.

7. Buah mengkudu
Yang sudah matang biasanya berwarna kekuningan. Lalu anda buat jus dan minum secara rutin setiap hari.

8. Air kacang polong
Air kacang polong merupakan obat alami yang sangat efektif untuk mengurangi iritasi kulit. Air yang digunakan untuk memasak kacang polong harus dioleskan pada bagian tubuh yang terkena penyakit.

9. Air Kelapa
Air kelapa ternyata bisa berkhasiat untuk menyembuh cacar, dengan cara menyiapkan 1 gelas air kelapa muda dan mencampurkan 3 sendok makan madu, aduk sampai merata dan kemudian meminumnya. Ada cara lain dengan cara yang sama menggunakan kelapa muda, siapkan air kelapa muda tok kemudian oleskan seluruh bagian tubuh, karena khasiat air kelapa muda, agar cacar menjadi lebih cepat mengering.

10. Para natrium bikarbonat
Baking soda adalah obat yang sangat populer untuk mengontrol gatal-gatal yang disebabkan oleh cacar air. Taruh 'sedikit baking soda dalam segelas air, lalu mandikan anak dengan sponsyang dicelupkan ke dalam solusi ini sebelumnya. Mengeringkan kulit dan akan mencegah anak menggaruk ruam.

Nah, itulah tadi berbagai cara alami mengobati cacat air. Semoga sahabat hariann10 dapat mengambil manfaat dari tulisan ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.