Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Merawat Mata agar tidak Cepat Kering

Harian10 - Mata merupakan jendela dunia. Dengan mata anda dapat melihat betapa indah ciptaan yang maha kuasa. Selain itu mata merupakan bagian dari wajah yang sangatlah penting dalam menunjang keindahan seseorang. Dengan mata yang sehat maka anda juga bisa menjaga penampilan serta bisa memaksimalkan fungsi mata anda.
ADVERTISEMENT
Salah satu dari masalah mata selain iritasi adalah mata kering. Saat mata kering ia akan menyebabkan gatal dan menyebabkan berbagai jenis penyakit mata lainnya. 

10 Cara Merawat Mata agar tidak Cepat Kering

mata kering
Ilustrasi mengalami mata kering
Oleh karena itu di bawah ini merupakan cara merawat mata agar tidak cepat kering.

1. Teteskan air mata buatan
Air mata buatan yang dimaksud adalah obat tetes mata. Obat tetes mata bukan hanya harus digunakna saat mata terkena iritasi namun ia juga penting dalam menjaga kelembaban mata. Gunakanlah tetes mata yang mengandung banyak gliserin sehingga mata akn selalu segar walau terkena debu dan banyak angin.

2. Berkedip lebih sering
Mungkin anda tidak tahu bahwa berkedip bisa membawa manfaat bagi anda. Fungsi berkedip tidak lain untuk menghasilkan air mata yang bisa menjaga kestabilan kelembaban mata anda.

3. Istirahatkan pandangan mata
Menggunakan mata terlalu sering tanpa istirahat akan menyebabkan mata kering. Mata yang selalu digunakan tanpa istirahat akan gampang lelah serta menimbulkan mata lelah. Banyak hal yang dapat menyebabkan mata lelah, terlalu banyak di depan monitor komputer, menonton televisi serta mengendarai kendaraan bermotor terlalu lama bisa menyebabkan hal tersebut. Oleh karena itu baik untuk anda agar mengistirahatkan mata anda. agar mata anda tidak cepat kering.

4. Pasang humidifier
Humidifier merupakan alat kelembaban ruangan, oleh karena itu jika anda memasang humidifier maka kelembaban ruangan terjaga dan akan mempengaruhi kelembaban mata anda juga.

5. Pakailah kacamata
Pada saat anda berada di luar ruangan atau di lingkungan yang berdebu, pakailah kacamata untuk melindungi nya dari iritasi. Paparan angin dan matahari juga beresiko menyebabkan mata kering. Debu juga sangatlah berpengaruh pada keringnya mata anda.

6. Minum banyak air
Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan akan cairan. Meningkatkan asupan cairan dapat menjaga kelembaban tubuh, yang dibutuhkan untuk menambah produksi air mata. Sehingga rajinlah untuk minum air mineral serta menjaga tubuh anda agar tidak terhidrasi.

7. Jaga lensa kontak agar terhidrasi dengan baik
Pastikan anda mencuci bersih lensa kontak setiap hari sebelum anda pergi tidur. Pastikan juga bahwa tangan anda telah bersih saat akan menggunakan atau melepaskan lensa kontak. Jika anda memang menggunakan lensa kontak tiap waktu karena mata anda minus usahakan untuk memiliki lebih dari satu lensa kontak.

8. Cukupi asupan vitamin
Makanlah asupan makanan yang kaya Vitamin A, C dan E, dan asam lemak serta Omega-3. Vitamin dan asam lemak tersebut yang dapat memberikan mata nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

9. Tidur setidaknya tujuh jam setiap malam
Kurang tidur juga merupakan salah satu pemicu dari keringnya mata anda. Sebab dengan tidur seperti yang telah di bahas atas akan mengistirahatkan mata anda dan membantu menjaga kelembabannya. Jika anda terlalu sering begadang dan kurang tidur maka akan memicu keringnya mata anda.

10. Kompres air hangat
Menggunakan air hangat untuk mengompres mata anda merupakan salah satu cara agar mata anda tidak cepat kering. Dengan begitu maka mata anda juga akan selalu bersih, segar dan terjaga kelembabannya. Air hangat juga baik untuk memberikan perawatan kesterilan mata anda.

Semoga tips tadi bisa memberikan manfaat bagi anda dalam menjaga kelembaban mata serta menjaga mata anda agar tidak cepat kering. Tetaplah jaga kesehatan mata anda untuk memperoleh keindahan mata anda kembali.