Top 10 Tips Terbaru

10 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia

Harian10 - Tau gak sih kalau mesjid terbesar dan termegah itu bukan cuma di Timur tengah. Tapi Ternyata masjid terbesar dan termegah juga ditemukan di beberapa negara besar Islam lainnya, mesjid mesjid tersebut ada yang baru dibangun ada juga peninggalan beberapa abat yang lalu. Masjid-masjid ini tidak hanya menawarkan lingkungan yang tenang untuk melakukan sholat, tetapi juga terdapat beberapa karya arsitektur yang luar biasa dengan nilai seni tinggi yang tentunya ada sangkutannya dengan sejarah sejarah islam.
ADVERTISEMENT
Berikut ini 10 mesjid terbesar dan termegah didunia yang telah kita rangkum.

10 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia

 1  Masjidil Haram
Masjidil Haram

Manjadi tempat tersuci pertama bagi para Ummat muslim diseluruh penjuru dunia Masjid ini berada di urutan paling wahid sebagai masjid terbsesar di dunia.Masjid ini adalah Masjidil Haram terletak di kota suci Mekah di Arab Saudi dengan luas 4.008.020 m persegi dan Kapasitasnya hingga 4 juta jamaah, masjidi ini memiliki arsitektur islam yang unik dan sangat sangat luar biasa. Ruangan outdoornya biasa dijadikan untuk shalat, membaca ayat suci Al-qur’an, dan I’tikaf. Pada masa haji, banyak Muslim yang datang ke sina untuk berdoa dan beribadah. Pada musim haji akan menjadi pemasukan terbesar devisa pemerintahan negara Arab.

 2   Masjid Nabawi - Arab Saudi
Masjid Nabawi

Dirancang langsung oleh Rasulullah SAW. Dengan Arsitektur yang unik mulai dari kubah yang berbentuk atap dan merupaka fitur paling signifikan dari bangunan kuno ini serta internal maupun externalnya. Luas keseluruhannya lebih dari 400.500 m persegi yang kira-kira kapasitasnya lebih dari 1.000.000 jamaah sekaligus. Meski telah berabad-abad, masjid ini masih utuh dalam kondisi awalnya. Masjid disebut masjid Nabawi atau biasa juga Al- Masjid Al- Nabawi dalam bahasa Arab. Ternyata masjid nabawi ini memiliki komunitas, jadi buat kalian yang ingin memperdalam ilmu tentang islam bisa bergabung. Dan yang terpenting adalah Masjid Nabawi ini menjadi tempat paling suci ke dua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram. Mesji Nabawi juga merupakan tempat peristirahatan terkhir bagi Nabi Muhammad SAW.

 3   Masjid Imam Reza - Iran
Masjid Imam Reza

Indah dan menawan itu julukan untuk masjid dengan arsitektur unik yang di lenkapi sentuhan gaya kuno dari arsitektur Islam yang berlokasi di kota Mashhad di Iran ini. Memiliki luas 267.079 m persegi kapasitas mesjid ini kira-kira 700.000 orang jamaah. Selain sebagai tempat beribadah, di masjid ini juga dimanfaatkan sebagai rumah bagi perpustakaan, ruang doa, museum, pemakaman, tempat seminar, ruang makan dan Universitas Ilmu Islam Razavi.

 4   Masjid Faisal - Pakistan
Masjid Faisal

Ini adalah salah satu di antara masjid terbaik di seluruh bangsa yang dirancang oleh desainer terkenal asal Turki. Di dirikan pada akhir abad ke-20 masjid ini kemudian diresmikan pada 1986. Terletak di Pakistan, jadi Tak heran jika arsitekturnya menampilkan nuansa Turki. Dengan luas lebih dari 54.000 m persegi, masjid besar ini berkapasitas hingga 300.000 jamaah. Masjid Faisal juga dianggap sebagai masjid nasional di Pakistan.

 5   Masjid Istiqlal - Indonesia
Masjid Istiqlal

Ternyata mesjid di Indonesia menjadi salasatu 10 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia. Luasnya hingga 95.000m persegi, yang sangat besar untuk menampung lebih dari 120.000 jamaah sekaligus. Dibangun untuk menghormati kemerdekaan RI mesjid ini kemudian disebut istiqlal yang artinya juga kemerdekaan. Siapa tak kenal Masjid Istiqlal? Masjid besar ini terletak di ibukota Jakarta dan dibangun pada masa perintahan persiden soeharto. Mesjid ini juga menjadi salah satu masjid tertua dan terbesar di Asia Tenggara, Majis Istiqlal sudah banyak dikunjungi oleh pengunjung muslim dari berbagai belahan dunia.

 6   Masjid Hassan II - Maroko
Masjid Hassan II

Masjid Hassan II adalah salah satu masjid paling banyak dikunjungi dan menjadi daya tarik utama di Casablanca, Maroko. Masjid ini memiliki menara tertinggi dengan lapisan kramik dan paduan asitektur kuno ala prancis serta menghadap langsung ke pemandangan Atlantik dengan luas hingga 90.000 m persegi dan berkapasitas lebih dari 25.000 jamaah pada bagian dalam dan 80.000 lebih jamaah di bagian luarnya menjadian mesjid Hassan II ini sangat luar biasa. Dirancang oleh Michael Pinseau dan Bouyhues, yang juga merupakan perancang terkenal dari prancis.

 7   Masjid Badshahi - India
Masjid Badshahi

Masjid badshai didirikan di Lahore pada tahun 1600-an pada masa dinasti Munghal. Kaisar Mughal Aurangzeb yang telah mendirikan masjid ini, dan saat itu masjid ini menjadi masjid terbesar di daerah tersebut dengan kapasitas hingga 100.000 jamaah sekaligus. Selain karena ukurannya yang luas dan besar, Masjid Badshahi ini sangat indah dengan arsitektur yang megah dan karya seni yang sangat unik. Maka dari itu, Masjid Badshahi ini juga merupakan daya tarik wisatawan yang populer di Lahore.

 8   Masjid Jama’ - India
Masjid Jama’

Fitu-fitur unik yang dimiliki masjid ini antara lain arsitekturnya yang tebuat dari batu bata merah kuno mejadikan mesjid ini popular didunia, berbasis di jalan yang sibu dan ramai. dai Chandni Chowk di Old Delhi, masjid ini selesai dikerjakan pada tahun 1656. The Indian Capital Delhi merupakan rumah bagi masjid E Jahan Numa atau Masjid Jama. Masjid ini didirikan pada masa dinasti Mughal, saat Mughal Sultan Shan Jahan mengusulkan untuk membangun masjid ini di India. Masjid Jama yang sangat terkenal di india memiliki luas yang sanggup menampung sekitar 85.000 jamaah. Hingga saat ini, masjid Jama adalah masjid paling dikenal di Old Delhi dan di seluruh India.

 9   Majid Seheikh Zayed - Abu Dhabi
Masjid Jama’

Mesjid Seheikh Zayed yang memegang peringkat ke 8 dari 10 mesjid terbesar hingga hari ini. Merupakan Mesjid yang terletak diAbu dhab, dengan desain interior dan eksteriornya menjadikan mesjid ini terlihat sangat indah. Terbentang lebih dari 22.000 m persegi dengan kapasitas tanpung sekitar 40.000 jamaah, karena kemegahannya juga mesjid Seheikh Zayed ini menjadi salah icon dan tempat yang mengambil banyak perhatian para turis yang datang bekunjung. Hal ini sekaligus menjadikan Masjid Sheikh Zayed sebagai masjid terbesar di Abu Dhabi.

 10   Baitul Mukaram - Bangladesh
Masjid Baitul Mukaram

Bitul Mukaram, mesjid yang berdiri jejak abad ke 9 ini terletak tepat di pusat kota Banglades, Dhaka. Dibangun pada awal 1960-an dengan kapasitas lebih dari 30.000 jamaah, masjid ini juga salah satu mesjid terhormat di sana. Saat ramadhan tiba, Baitul Mukaram menjadi sangat ramai dengan jamaah yang beribadah, banyak juga jamaah dari daerah lain. Maka saat itu, pemerintah Bangladesh memutuskan untuk merenofasi mesjid dengan memperpanjang dan memperluas masjid, agar kapasitas mesjid bisa mencukupi hingga 40.000 orang.

Gimana guys.. kalian penasaran dengan 10 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia tadi..?? samma kita juag, bagaiman apakah kalian berniat untuk mengunjungi salah satunya..?? apa lagi buat kalian para muslim dan muslimah tentunya sangat ingin mengijakkan kaki kalian disana, terutama di masjid Nabawi dan Masjidil Haram? Semoga bisa tercapai yah.. Aamiin.. jadi itulah tadi rankuman 10 Masjid Terbesar dan Termegah Di Dunia, semoga bermanfaat yah.

Lihat Juga : 10 Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia