Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

Harian10 - Demam korea saat ini tidak bisa dipungkiri. Selain bahasa Inggris sangat banyak juga yang berminat menguasai bahasa korea. Hal tersebut disebabkan karena bahasa korea terdengar sangat keren sebab saat ini budaya kore a telah menyihir hampir seluruh lapisan dunia.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu tips di bawah ini adalah cara menguasai bahasa korea dengan baik.

1. Tonton drama Korea

Drama korea tentunya menjadi sangat populer sekarang ini. Dengan menonton drama korea maka anda akan banyak mengetahui kosa kata sehari-hari bahasa korea. Hal tersebut akan sangat membantu anda.

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea
Ilustrasi Alfabet Bahasa Korea

2. Belajar dari lagu-lagu K-Pop

.Selain drama korea maka lagu korea jugalah sangat populer. Cobalah tidak sekedar menikmatinya namun juga mencari makna nya dan juga mempelajari kosa katanya.

3. Dengarkan dan ulangi

Pertama, anda harus menemukan film Korea yang memiliki subtitle (teks) berbahasa Korea, baik yang ditulis dalam huruf latin maupun Hangul (alfabet Korea). Ketika anda menonton film tersebut, tontonlah tanpa subtitle, dan cari satu kalimat yang ingin anda pelajari. Dengarkan kalimat tersebut dan kemudian hentikan film, lalu putar ulang kalimat itu lagi.

Dengarkan lagi kalimat yang sama dan cobalah untuk mengucapkannya. Lakukan hal ini sekitar 10 sampai 20 kali. Setelah itu, cobalah untuk menulis kata-kata yang kira-kira anda dengar. Kemudian dengarkan lagi kalimat tersebut, sambil mencoba mengoreksi tulisan yang anda buat, sekitar 4 sampai lima kali. Setelah proses ini dilalui, anda dapat mengaktifkan subtitle dan memeriksa kalimat apa yang sebenarnya mereka ucapkan. Lalu, dengarkan lagi dan ulangi kalimat yang seratus persen benar, setelah dicek ulang dengan subtitle. Hal ini akan melatih skill listening, writing, speaking, dan juga pemahaman anda terhadap bahasa Korea.

4. Buku tata bahasa

Belilah buku tata bahasa Korea yang diterbitkan oleh penerbit terpercaya (atau dari kedutaan atau pusat kebudayaan Korea) dan mulai belajar beberapa tata bahasa dan berlatih dengan teman-teman Korea anda. Jika anda sudah memiliki buku tata bahasa, teruslah untuk belajar tahap demi tahap. Tata bahasa adalah landasan dari kelancaran berbahasa, dan hal ini mutlak dipelajari.

Selain mempelajari teori, cobalah untuk mengerjakan pula berbagai latihan soal yang ada dalam buku tersebut. Tak hanya memperlancar kemampuan membaca dan menulis, buku teks juga akan membantu anda memahami aturan tata bahasa dengan lebih detail dan akurat.

5. Mengikuti kursus

Mengikuti kursus juga sangatlah baik. Walaupun masih sangat jarang menyediakan kursus bahasa korea, maka anda sebaiknya mencari dan mengikuti kursusnya.

6. Menerjemahkan buku berbahasa Korea

Carilah buku anak-anak yang ringan dan mulailah untuk menrjemahkan isinya. Selain meatih membaca juga bisa menguji kosa kata anda.

7. Pelajari kata-kata baru

Ketika anda berada di luar rumah bersama dengan teman-teman atau hanya sendiri saja, bawalah buku catatan kecil dan sebuah kamus. Saat melihat sesuatu yang menarik perhatian, tuliskanlah dalam buku tersebut, dan carilah terjemahannya ke dalam bahasa Korea. Bawa terus buku catatan tersebut ke manapun anda pergi, dan berusahalah untuk menghafal kata-kata di dalamnya setiap kali ada waktu kosong.

Jika kemampuan berbahasa dan menulis anda sudah lebih maju, ubahlah aturan di mana anda tidak hanya sekedar menulis arti dari kata tersebut, namun juga deskripsinya dalam bahasa Korea. Hal ini akan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis.

8. Bercakap-cakap


Hal paling penting yang harus dilakukan saat belajar bahasa Korea (atau bahasa apapun) adalah dengan cara bercakap-cakap dalam bahasa tersebut. Jika anda tidak memiliki keberanian atau kesempatan untuk bercakap-cakap, seberapa bagus pemahaman teori anda, hal itu sama sekali tidak akan berarti. Ingat, jangan pernah malu atau takut untuk melakukan kesalahan.

Cobalah untuk mencari native speaker (turis, pelajar, atau pekerja) asal Korea. Jika tidak ada, manfaatkanlah teknologi internet untuk bisa melakukan video call dan berbincang-bincang dengan mereka melalui Skype atau Messenger.

9. Hadiri acara-acara berbau Korea

Beruntunglah bagi anda yang tinggal di kota besar, karena sudah ada berbagai klub pecinta budaya Korea, atau setidaknya universitas yang mendalami bahasa maupun sastra Korea. Lebih beruntung lagi bagi anda yang tinggal di dekat kedutaan negara tersebut, karena pasti bisa dipastikan setiap bulannya akan selalu ada acara yang terbuka untuk publik.

Dengan menghadiri acara tersebut, anda tidak hanya mempelajari bahasa, namun juga budaya Korea Selatan secara keseluruhan, termasuk tata krama, cara berdialog dengan orang lain, makanan, lagu-lagu, serta lebih banyak hal menarik lainnya.

10. Berkunjung Kekorea Selatan

Cara ini tentu adalah metode yang paling efektif untuk memperlancar kemampuan berbahasa anda. Jika anda benar-benar serius mendalami bahasa Korea, jangan ragu untuk menyisihkan sebagian uang dan menabung untuk mengunjungi negara ini. Sekarang, sudah sangat banyak maskapai kelas ekonomi seperti Air Asia dan Tiger Airways yang membuka penerbangan Seoul dengan ongkos yang lebih murah.

Anda bisa juga mengunjungi program tersebut melalui program beasiswa, kursus jangka pendek, ataupun pertukaran pelajar. Jika anda yakin dan berusaha, tidak ada hal yang tidak mungkin, termasuk mengunjungi Korea Selatan dan menguasai bahasa di negara tersebut dengan lancar.

Terima kasih telah membaca 10 tips mudah belajar bahasa korea dengan cepat. Semoga dengan artikel diatas bahasa korea anda lancar dan aktif.