Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

Harian10 - Radang tenggorokan merupakan penyakit yang bisa mengganggu dan berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh. 

Sebab saat radang tenggorokan menimpa anda maka akan sulit untuk mengonsumsi makanan sehingga kebutuhan gizi tubuh anda akan berkurang, Radang tengggorkan juga sangat membuat tak nyaman sebab anda akan merasakan nyeri pada tenggorokan anda.
ADVERTISEMENT
Ada cara alami yang bisa anda coba untuk meringankan radang tenggorokan anda. Semoga bisa berhasil dan selamat mencoba.

10 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

10 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan - Harian10
Ilustrasi Wanita Mengalami Radang Tenggorokan
Berikut 10 Tips Alami Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat.

1. Teh jahe

Mengonsumsi teh jahe sangatlah baik. Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile

Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Cara ini sudah menajdi tips yang digunakan sejak jaman nenek moyang kita. Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat, kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi

Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Jus buah belimbing

Membuat jus belimbing akan membantu anda sebab buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

6. Madu dan lemon

Madu dan lemon merupapkan paduan yang baik bagi tenggorokan anda. Namun hindari untuk memberikan madu pada usia balita di bawah 2 tahun.

7. Menghirup uap panas



Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

8. Konsumsi Sup


Cobalah untuk memberikan sup agar bisa memberikan asupan  nutrisi yang baik. Sebab saat terjadi peradangan sangat baik untuk mengonsumsi makanan yang hangat.

9. Minum jus lemon tanpa gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

10. Makan bawang putih



Telah kita ketahui bawa bawang putih bisa membunu bakteri dengan sangat baik. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.


Terima kasih telah membaca 10 cara ampuh mengatasi radang tenggorokan secara alami. Semoga dengan tips diatas sakit tenggorokan anda dapat diobati dengan cepat.