Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Ampuh Meningkatkan Konsentrasi Otak

Harian10 - Dalam menjalankan aktifitas anda sangatlah penting untuk anda agar tetap berkonsentrasi. Sebab dengan membuat diri anda tetap berkonsentrasi dan tetap fokus maka akan melancarkan segala sesuatu yang anda kerjakan. Namun tidak semua orang bisa mengontrol konsentrasinya karena otak tentunya kadang bekerja tanpa bisa kita kontrol.
ADVERTISEMENT

10 Cara Ampuh Meningkatkan Konsentrasi Otak

konsentrsi otak
Ilustrasi Meningkatkan Kemampuan Kofokusan Otak
Oleh karena itu kami memberikan cara yang ampuh untuk meningkatkan konsentrasi otak anda agar apapun yang anda lakukan dapat terselesaikan dengan baik.

1. Buatlah aktivitas yang anda lakukan menjadi sebuah kebiasaan
Jika anda memiliki aktifitas yang selalu berulang-ulang maka janganlah membuat aktifitas tersebut sebagai beban. Buatlah aktifitas itu terasa seperti kebiasaan anda, sebab dengan menjadikannya kebiasaan rasa senang saat mengerjakannya akan terbangun sehingga konsentrasi akan berangsur muncul.

2. Liburan dan mencari suasana baru
Konsentrasi bukan hanya dapat dibangun dengan membiasakan pekerjaan atau suatu aktifitas, namun anda juga perlu mencari suasana baru dengan cara bekunjung ke tempat-tempat yang menarik. Anda perlu untuk liburan guna refreshing dan membuat anda lebih santai, setelah itu jika anda kembali bekerja anda akan bisa berkonsentrasi dengan baik. 

3. Kembangkan pola hidup sehat
Konsentrasi otak juga bisa terbangun jika peredaran darah anda lancar ke otak Peredaran darah bisa lancar jika anda mengatur pola hidup yang sehat. Jagalah pola makanan anda serta jangan lupa untuk berolahraga secara teratur. Hal tersebut adalah cara ampuh untuk menjaga konsentrasi otak anda.

4. Kerjakan sesuatu di meja kerja atau meja belajar, jangan dari tempat tidur
Terutama jika anda melakukan berbagai aktivitas yang menuntut konsentrasi tinggi dari rumah anda. Cobalah untuk melakukannya di tempat yang sesuai. Jangan membiasakan diri untuk belajar di tempat tidur, karena akan lebih banyak stimulus yang membuat konsentrasi anda terpecah. Begitu pula saat membalas email bisnis atau hal-hal resmi lainnya, lakukanlah di meja kerja atau meja belajar.

5. Meditasi
Melakukan meditasi untuk menguoayakan konsentrasi otak merupakan cara yang klasik namun masih terjaga penerapannya. ia selalu berhasil menenagkan jiwa serta memberikan kefokusan dalam berfikir. Oleh karena itu biasakanlah untuk bermeditasi agar anda bisa berkonsentrasi dengan baik.

6. Kerjakan satu hal pada satu waktu, hingga selesai dengan sempurna
Jika ingin menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang benar-benar bagus, cobalah untuk membiasakan diri mengerjakan satu hal hingga selesai dengan sempurna, baru beralih ke hal yang lainnya. Jangan membiasakan diri untuk melakukan multitasking, alias mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu. Kebiasaan multitasking tersebut menuntut anda membagi konsentrasi ke berbagai hal sekaligus.

Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal di hadapan anda, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari, kita akan lebih mudah berkonsentrasi, dan tentu saja, hasil akhir pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih optimal.

7. Teknik "laba-laba"
Ada sebuah teknik yang disebut dengan "teknik laba-laba". Perhatikan saja saat di mana seekor laba-laba sedang membangun sarangnya. Jika kita meletakkan sebuah sumber bunyi-bunyian di samping sang laba-laba tersebut, ia sama sekali tidak akan terganggu dan memutuskan untuk meneruskan pekerjaannya membangun sarang.

8. Melakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak
Darah adalah kendaraan utama oksigen dalam tubuh kita. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah, di mana hal ini bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Dalam rangka membantu mengalirkan oksigen ke otak otak, anda bisa bangun dan berjalan-jalan setiap beberapa saat, merubah posisi duduk, atau bahkan berbarin.

Jika Anda terjebak di tempat kerja dan Anda tidak bisa melakukan aktivitas-aktivitas di atas, cobalah melakukan gerakan-gerakan kecil di tempat kerja. Lakukan saja senam-senam yang tidak terlalu menyita tempat, terutama peregangan anggota-anggota tubuh.

9. Istirahat setiap satu jam

Ingatlah untuk memberikan otak Anda istirahat sebentar setidaknya lima menit setiap 60 menit aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Jika otak Anda harus berkonsentrasi secara konsisten selama berjam-jam pada suatu waktu tanpa jeda, daya konsentrasi dan fokus anda justru bisa menurun secara drastis. Oleh karena itu, jangan memforsir kerja otak.

Beristirahatlah setidaknya 3 sampai 5 menit setiap bekerja, untuk menjaga vitalitas otak anda. Bisa dengan berjalan-jalan keluar sebentar, makan camilan, atau sekedar berhenti dari hal yang anda lakukan dan mendenganrkan musik. Jika anda perlu bekerja atau belajar dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

10. Sediakan waktu khusus untuk melamun
Salah satu hal yang paling rawan dalam membuyarkan konsentrasi adalah kebiasaan untuk melamun. Lamunan bisa dengan mudah menghancurkan konsentrasi dan mood untuk bekerja yang sudah kita ciptakan.  Jangan salah, aktivitas ini juga cukup memakan banyak waktu, bahkan bisa juga menimbulkan rasa malas yang membuat kita menunda pekerjaan.

Dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun, misalkan setengah jam sebelum tidur; otak kita akan mendapat waktu khusus untuk beristirahat. Akibatnya, saat harus fokus, kemungkinan untuk terbawa dalam lamunan akan menjadi lebih kecil.

Nah, inilah yang harus anda pelajari. Anda harus belajar untuk bisa mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian, misal pintu yang terbuka, orang yang lalu-lalang, suara musik di kejauhan, dan lain-lain. Jangan sampai hal-hal kecil tersebut dengan mudah memecahkan konsentrasi dan fokus yang kita bangun.




                    10 Cara Melatih Otak Agar Lebih Kreatif