Top 10 Tips Terbaru

10 Tips Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan

Harian10 - Pernikahan merupakan salah satu tahap dalam hidup seseorang yang tentunya sangat membahagiakan. Semua orang sangat senang saat telah menghadapi pernikahan, sebab akan mengubah sisi kehidupan seseorang. Nah para pembaca Harian 10 mungkin juga telah menikah dan memulai hidup baru dengan pasangan anda, namun jangan pernah menganggap bahwa suasana itu akan terus baru terus tanpa adanya rintangan dan halangan selama pernikahan.
ADVERTISEMENT
Mempertahankan keharmonisan dalam pernikahan akan menjadi hal utama yang harus dilakukan agar rumah tangga yang nantinya akan dijalani bisa lancar dan juga baik saja.

Keharmonisan itu tidak boleh ditunggu datangnya, anda juga harus berusaha menciptakan dan juga menghadirkan hal tersebut dalam rumah tangga.

10 Tips Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan

Tips Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan
Ilustrasi Keluarga Harmonis
Berikut 10 Cara Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan

1. Jangan Berhenti Berkencan
Pernikahan bukan berarti Anda harus menghilangkan kebiasaan saat berpacaran dulu. Tetaplah jaga keharmonisan dengan berkencan di akhir pekan. Hal ini akan menjadi ajang saling mengenal lebih dalam, satu sama lain.

2. Jangan Permasalahkan Hal Kecil
Di awal pernikahan adalah masa-masa penyesuaian antara Anda dan pasangan. Tak jarang, mereka yang menikah baru belum terbiasa dengan sikap dan kebiasaan pasangannya. Untuk itu, jangan terlalu mempermasalahkan hal-hal kecil. Kuncinya adalah beradaptasi dan saling pengertian.

3. Jelaskan Ekspektasi Anda
Biasanya konflik terjadi karena salah paham dan salah pengertian. Untuk itu komunikasikan dengan jelas ekspektasi Anda pada suami. Jangan lupa untuk meminta suami melakukan hal yang sama. Dengan ini, Anda bisa mengenal suami lebih jauh lagi.

4. Menerima Kegagalan
Layaknya bayi yang baru belajar jalan, masa-masa di awal pernikahan masih rapuh dan labil. Kegagalan di sana-sini akan terjadi. Namun jangan putus asa. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Ajak suami Anda untuk terus berusaha mendapatkan rumah tangga yang harmonis dan sempurna.

5. Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Berubungan
Berhubungan tak diragukan lagi dapat menjadi pintu mediasi konflik suami istri. Tak ada salahnya untuk meningkatkan kuantitas, juga kualitas hubungan Anda dan suami.

6. Meningkatkan Sikap dan Sifat yang Baik
Di masa penyesuaian, biasanya suami akan memberi masukkan mengenai kekurangan-kekurangan Anda. Tak ada salahnya untuk menggunakan masa ini sebagai masa introspeksi diri. Kritikan dari suami juga bisa menjadi cambuk bagi Anda untuk menjadi orang yang lebih baik.

7. Jangan mudah untuk mengucapkan 'Cerai'
Dalam situasi seburuk apapun, jangan pernah mengucapkan kata 'cerai' kecuali Anda benar-benar menginginkannya. Gampang berkata 'cerai' akan membuat nilai pernikahan Anda menjadi berkurang. Pasangan pun akan beranggapan, bahwa Anda tak sesungguhnya menghargai pernikahan yang telah dilakukan.

8. Hargai Pasangan Luar dan Dalam
Pasangan dalam pernikahan akan sangat berbeda saat belum menikah. Sebagai suami atau istri anda harus menghargai apapun sikap serta keputusan yang ia ambil. Jika anda merasa keputusannya kurang tepat katakan dengan cara yang baik.

9. Hindari kata-kata yang dapat menyinggung
Saat berbicara tentunya kita kadang tidak sadar dengan yang di ucapkan, sehingga kadang ada kata-kata yang bisa menyinggung tanpa disadari. Kurangi dan sadarilah bahwa hal tersebut kuranglah baik bagi anda dan pasangan.

10. Saling Menghargai Keluarga
Pernikahan juga bukanlah hanya menyatukan dua orang saja, namun hal ini juga menyatukan dua keluarga,. Olehnya itu saling mengahargai keluarga pasangan juga akan sangat berpengaruh pada keharmonisan sebab hal tersebut membuat kita merasa memiliki baik pada pasanga maupun pada keluarganya.

Terima kasih telah membaca 10 Cara Mempertahankan Keharmonisan Pernikahan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca harian10.

Baca juga : 10 Sifat Pria yang Paling Dibenci Para Wanita