Top 10 Tips Terbaru

10 Klub Sepakbola Dengan Suporter Terbanyak di Dunia

Harian10 - 10 klub sepakbola pemilik suporter terbanyak didunia. Sepakbola layak dinobatkan sebagai olahraga terpopuler di dunia. Penggemarnya ada diseluruh belahan dunia, tanpa memandang status sosial, ras, bangsa, bahkan agama. Mereka berbaur menjadi satu demi mendukung klub dan tim jagoan masing-masing. Tak bisa dibantahkan bahwa suporter sudah menjadi bagian penting dari sebuah klub sepakbola. Semakin berjaya sebuah klub maka akan semakin banyak suporter yang mendukung dan mengidolakan klub tersebut. Tak ayal, para suporter ini sering mendapat julukan sebagai pemain kedua belas bagi sebuah klub. Bukan hanya dukungan langsung di stadion, tapi juga dukungan lewat layar kaca dan media-media sosial, khususnya buat suporter yang terpisah jarak dengan klub jagoannya.
ADVERTISEMENT

    Ketahui 10 klub sepakbola pemilik suporter terbanyak didunia    

Anda penasaran? Ini dia hasil rangkuman 10 klub sepakbola dengan supporter atau fans terbanyak di dunia.

 1   Manchester United (sekitar 354 juta orang) 

Manchester United

Klub yang mempunyai julukan Setan Merah ini tercatat sudah mengoleksi 20 gelar Liga Inggris dan tiga kali merajai Liga Champions Eropa. Khusus di liga domestik, klub yang bermarkas di Old Trafford ini merupakan penguasa liga dengan statistik klasemen yang nyaris tidak pernah terlempar dari empat besar. Kesuksesan klub ini tak bisa dipisahkan dengan manajer legendaris mereka, Sir Alex Ferguson. Beliaulah yang mengantarkan MU merebut berbagai gelar sampai memiliki penggemar diseluruh belahan dunia. Sir Alex Ferguson pensiun pada tahun 2013 dan menyerahkan tongkat estafet kepelatihan kepada David Moyes. Moyes sendiri tidak menunjukkan prestasinya dimusim pertamanya melatih MU, sehingga beliau dipecat dan digantikan oleh Luis Van Gaal untuk musim 2014/2015.

 2   Barcelona (sekitar 270 juta orang) 

Barcelona

Klub mentereng asal Catalunya ini merupakan kiblat sepakbola Spanyol dengan raihan 22 gelar liga domestik dan 4 gelar Liga Champions. Kejayaan Barca dimulai pada musim 2004/2005 ketika sukses merebut gelar Liga Champions. Ketika itu mereka diperkuat trio legendaris, Samuel Eto’o, Ronaldinho dan Thierry Henry. Tak berhenti sampai disitu, dibawah asuhan pelatih bertangan dingin Pep Guardiola, Barcelona menjelma menjadi kekuatan besar sepakbola Eropa bahkan dunia. Diperkuat pemain jebolan La Masia yang berkelas seperti Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, Barca merajai La Liga beberapa musim terakhir.

 3   Real Madrid (sekitar 174 juta orang) 

Real Madrid

Klub yang juga musuh bebuyutan Barcelona ini telah mengoleksi 32 gelar La Liga dan 9 gelar Liga Champions. Raihan gelar ini mengantarkan Real Madrid sebagai klub tersukses di dunia. Real Madrid terkenal dengan kegemarannya mendatangkan berbagai pemain bintang, itulah sebabnya tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini dijuluki Los Galacticos.

 4   Chelsea (sekitar 135 juta orang)


Meski dari segi prestasi masih minim hanya 4 gelar Liga Inggris dan 1 gelar Liga Champions, namun Chelsea dikenal sebagai tim dengan catatan finansial yang tinggi. Wajar saja, sebab sejak Agustus 2003 klub ini di akuisisi oleh taipan minyak asal Rusia, Roman Abramovich. Roman Abramovich tak segan menggelontorkan banyak dana untuk The Blues. Pemain termahal yang pernah mereka datangkan adalah Fernando Torres seharga 50 juta pound (970 miliar rupiah). Saat ini klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini dilatih oleh pelatih kontroversial, Jose Mourinho.

 5   Arsenal (sekitar 113 juta orang) 

Arsenal

Arsenal tercatat 13 kali merajai Liga Inggris. Tapi sepuluh tahun terakhir ini, The Gunners lebih dikenal sebagai pengorbit pemain muda ketimbang sebagai pengoleksi gelar. Meski demikian, klub London Utara ini tetap konsisten di Liga Inggris dan masuk dalam jajaran The Big Four meski pada akhirnya tak pernah meraih juara lagi. Pasukan Emirates Stadium ini merupakan klub Liga Inggris dengan suporter terbanyak ketiga didunia.

 6   AC Milan (sekitar 99 juta orang) 

AC Milan

AC Milan merupakan salah satu klub tersukses di daratan Eropa dengan raihan 7 gelar Liga Champions dan dan 18 gelar juara (scudetto) di liga domestik. Klub dengan julukan Rossoneri ini bermarkas di San Siro dan saat ini dilatih oleh legenda hidup mereka, Filippo Inzaghi.

 7   Liverpool (sekitar 71 orang) 

Liverpool

Liverpool identik dengan kejayaan masa lalu. Mereka pernah berjaya dengan raihan 18 gelar juara ketika Liga Premier Inggris masih bernama Football League First Division. Di Eropa, The Reds merupakan klub Liga Inggris tersukses setelah menggondol lima gelar juara Liga Champions. Suporter Liverpool sendiri berasal dari berbagai penjuru dunia dan dikenal dengan julukan Liverpudlian.

 8   Inter Milan (sekitar 49 juta orang) 

Inter Milan

Klub asal kota mode ini mencatatkan dirinya sebgai pemilik 18 scudetto Liga Italia dan 3 gelar Liga Champions Eropa. Catatan ini menahbiskan Inter Milan sebagai salah satu kekuatan sepakbola di Italia dan Benua Biru. Klub dengan julukan Nerazzurri ini bermarkas di Stadion Giuzeppe Meazza. Satu hal yang menarik, pemilik klub ini adalah pengusaha dari Tanah Air, Erick Thohir.

 9   Bayern Munchen (sekitar 24 juta orang) 

Bayern Munchen

Di kompetisi Bundesliga, nyaris tak ada yang bisa menyaingi keperkasaan Bayern Munchen. Dengan koleksi 23 gelar, The Bavarians mengokohkan diri sebagai penguasa liga domestik. Klub yang dikenal dengan julukan FC Hollywood ini juga perkasa di Eropa dengan raihan 5 gelar Liga Champions. Kesuksesan klub ini berlanjut sampai sekarang terutama setelah ditangani pelatih Pep Guardiola, mantan manajer Barcelona.

 10   Juventus (sekitar 20 juta orang) 

Juventus

Klub asal kota Turin ini adalah klub tersukses di Negeri Pizza dengan catatan 30 gelar Liga Italia. Selain itu, klub ini pernah melahirkan bintang-bintang besar sepakbola dunia yang melegenda, sebut saja Dino Zoff, Zinedine Zidane, Michel Platini, Fabio Capello sampai yang terakhir Alessandro Del Piero. Klub yang berjuluk La Vecchia Signora ini identik dengan kostum hitam putih kebanggaannya.

Bagaimana, apakah rasa penasaran Anda sudah terjawab? Yah, itulah rangkuman khas Harian 10 mengenai 10 klub sepakbola pemilik suporter terbanyak di dunia. Anda mungkin salah satu penggemar dari klub sepak bola yang disebutkan diatas. Berbanggalah Karena Anda termasuk dalam bagian kesuksesan dari klub-klub jagoan tersebut.

Jangan Lewatkan Top 10 ini :