Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin

Harian10 - Badan pegal-pegal dan perasaan yang tidak enak bisa saja merupakan tanda dari masuk angin. Penyakit ini memang sangatlah umum menyerang siapa saja, namun efeknya sangatlah mengganggu. Sebab banyak sekali aktifitas yang tidak bisa dilakukan jika menyerang tubuh kita.
ADVERTISEMENT

1. Vitamin C

Vitamin C sangat berguna dalam menambah daya tahan tubuh. Saat anda terserang masuk angin biasanya ditandai dengan perut kembung dan sakit di bagian langit-langit mulut saat menelan. Jika tanda tersebut telah datang menyerang anda, maka langkah awal yang sebaiknya anda ambil adalah dengan mengonsumsi Vitamnin C.

Vitamin C bisa didapatkan melalui berbagai bahan makanan, terutama jeruk dan cabai. Vitamin C alamai ini jauh lebih baik daripada jenis buatan yang bisa didapatkan di apotek. Anda bisa juga minum-minuman yang dijual secara botolan sebagai penambah vitamin C.

10 Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin

Mengatasi Masuk Angin
Ilustrasi Mengalami Masuk Angin

2. Saat bepergian malam

Jika anda meruakan orang yang sering bepergian saat malam, maka hal tersebut juga merupakan salah satu penyebab  masuk angin yang menyerang anda. Zat yang terkadung pada angin malam yanitu zat asam arang yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Namun jika anda harus menempuh perjalanan di malam hari, terutama di atas motor, pastikan untuk mengenakan jaket yang tebal. Bungkus rapat kepala anda dengan helm, kenakan sepatu, dan bila perlu pakai masker untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

3. Sup Ayam

Saat masuk angin mengonsumsi sup dapat membantu untuk menghangatkan badan anda. Kebanyakan dari orang yang masuk angin juga akan merasa sangat tidak nyaman dan enak saat makan. Oleh kaena itu sop dapat membantu anda untuk mendorong makanan yang sulit ditelan.

4. Kerokan

Salah satu cara yang sangat tradisional adalah kerokan dalam mengatasi mengatasi masuk angin. Metode ini biasanya dilakukan dengan menggosok bagian punggung dengan balsem atau minyak kayu putih, lalu "mengeroknya" dengan koin. Proses ini dilakukan sampai seluruh bagian punggung meninggalkan bekas warna kemerahan atau keungun-unguan.

Secara ilmiah, kerokan bisa menyembuhkan masuk angin karena saat dikerok tubuh kita akan menghasilkan zat alami Thiamin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Biasanya, kerokan dilakukan di periode awal masuk angin untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.

5. Jangan terlalu sering jajan es


Hindari lah untuk sering mengonsumsi minuman dingan atau es. Selain itu, es yang dijual di warung-warung, terutama di pedagang kaki lima biasanya kurang higienis. Banyak yang terbuat dari air mentah, ada yang gelas tempat esnya tidak dicuci bersih, dan sebagainya. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengonsumsi es yang dibuat sendiri.

6. Air Jahe

Tumbuklah jahe , direbus, dan kemudian airnya diminum. Jahe dipercaya snagat ampuh membuat badan hangat seketika.. Biasanya jahe dikonsumsi di negara-negara dingin, terutama oleh mereka yang menghindari alkohol.

Untuk mengurangi rasa pedas dari jahe dan membuatnya lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Lebih nikmat lagi apabila air jahe tersebut diberi tambahan gula batu dan dikonsumsi bersama pisang rebus yang hangat.

7. Konsumsi bawang putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat yang sangat berguna untuk tubuh. Selain berfungsi ampuh untuk mengatasi sakit gigi, bawang putih juga bermanfaat untuk menanggulangi masuk angin. Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya ke dalam makanan, atau lebih baik lagi jika menggerusnya, memberi sedikit garam, dan memakannya mentah-mentah.

Sup bawang biasanya juga menjadi alternatif untuk mengobati masuk angin. Kandungan zat allicin di dalam bawang putih cukup tinggi, dan zat ini memiliki fungsi sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh.

8. Berkumur-kumur

Kedengarannya mungkin cukup aneh, namun kebiasaan berkumur sebenarnya memiliki fungsi yang baik. Seperti di Jepang kebiasaan ini menjadi membudaya, sebab ia sangat bermanfaatdan cukup manjur untuk mengatasi masuk angin, karena bakteri-bakteri yang berkumpul di sekitar mulut dan kerongkongan akan terbilas habis. Anda juga bisa membuat ramuan sendiri untuk berjemur dengan mencampurkannya dengan air garam serta baking soda.

9. Rebusan air daun pepaya

Rebusan air pepaya tentunya sangatah pahit, namun yang satu ini juga sangat baik untuk mengatasi masuk angin. Daun pepaya juga memiliki kandungan antibiotik yang sangat tinggi. Oleh karena itu secara cepat akan mengatasi masuk angin.

Cara mengonsumsinya cukup mudah. Ambil 4 hingga 5 lembar daun pepaya, cuci hingga bersih, kemudian rebus dalam kurang lebih satu liter air. Rebus hingga air yang tertinggal hanya setengahnya, kemudian minumlah air rebusan tersebut.

10. Madu dan teh lemon

Campuran ini mungkin bisa dibilang sebagai obat alami masuk angin yang paling enak dikonsumsi. Madu dipercaya mempunyai kandungan gizi yang bisa mempercepat proses regenerasi dan peremajaan sel-sel tubuh. Teh memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, yang bisa membuat tubuh rileks dan bermanfaat membunuh zat-zat dan bakteri asing. Sementara di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda mengalami masuk angin atau merasakan tanda-tanda akan masuk angin, jangan ragu untuk membuat campuran teh lemon dan madu. Konsumsilah sebelum tidur untuk efek yang lebih maksimal.

Terima kasih telah membaca 10 cara alami menyembuhkan masuk angin. Semoga dengan artikel diatas penyakit masuk angin anda cepat sembuh.