Top 10 Tips Terbaru

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang

Harian10 - Belajar bahasa asing tentunya sangatlah baik bagi kita. Selain Bahasa Inggris banyak bahasa asing lainnya yang juga sangat populer dan baik untuk di pelajari. Beberapa dari bahasa tersebut ialah bahasa Korea, Jepang, dan juga Mandarin. Dan juga bahasa tersebut tentunya tidak mudah anda kuasai dengan cepat.
ADVERTISEMENT
Nah pembaca harian 10, tentunya salah satu bahasa yang cukup populer adalah bahasa jepang. Bahasa tersebut bahkan juga cukup sulit , apalagi bagi pemula yang sama sekali tidak pernah menyentuh bahasa Jepang. Oleh karena itu tips dibawah ini semoga dapat membantu anda dalam belajar bahasa jepang.

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang

10 Cara Mudah Belajar Bahasa Jepang
Ilustrasi Huruf Bahasa Jepang

1. Niat dan tekat

Tanpa adanya niat dan tekad yang baik, maka belajr bahasa jepang akan terasa sulit. Pastikan diri anda mempunyai niat dan tekad yang kuat, Mantapkan dahulu niat dan tekad anda untuk menguasai dan mempelajari bahasa Jepang. Jika anda memiliki niat dan Tekat yang kuat maka selanjutnya anda akan terasa lebih mudah.

2. Motivasi

otivasi akan sangat membantu. Dengan mengetahui motivasi anda maka hal itu bisa membuat anda untuk tekun belajar. Begitu juga belajar bahasa khususnya bahasa Jepang kita harus tahu apa tujuan kita belajar, apakah untuk bisa baca komik jepang, suka sama anime, karena tekhnologinya yang tinggi atau yang lainnya. Hal itu akan memotivasi kita untuk bisa berbahasa Jepang.

3. Pelajari kata-kata dasar bahasa jepang

Semua hal harus dimulai dari dasar. Seerti halnya belajar bahasa jepang. Dimulai dari angka-angka, kata-kata, dan kalimat-kalimat bahasa jepang seperti : Aku,kamu,mereka,dia,siapa,dimana,cinta,apa kabar, selamat pagi,selamat malam,selamat siang,baik,ucapan selamat. Kata-kata itu bisa anda pelajari dalam buku-buku bahasa jepang dasar tak perlu membelinya yang mahal, cukup membeli yang biasa saja, anda sudah bisa mempelajari bahasa dasar bahasa jepang. Atau anda juga bisa mempelajarinyamelalui Google.

4. Pelajarilah tata bahasa jepang

Setelah mengetahui kata dasar maka saatnya anda belajar tata bahasa. Setelah kamu memiliki cukup bekal kosakata, atau sudah bisa memanfaatkan kamus dan mencari arti kata bahasa jepang dengan cepat, maka janganlah segan-segan memiliki buku tata bahasa yang tebal-tebal dan bagus.

Pelajari dengan teratur, rajin, dan berkesinambungan. Jangan takut jika ada sebagian tata bahasa yang membuat kamu bingung. Tidak masalah, yang penting hal-hal dasar mampu kamu kuasai seperti menyusun kalimat yang benar dalam konteks saat ini, masa lalu, masa yang akan datang, yang sudah terjadi, dan sebagainya. yang bisa kamu pelajari secara bertahap. Internet juga bisa kamu manfaatkan dalam belajar tata bahasa jepang saat ini.

5. Perbanyak Kosakata

Buatlah target pada diri anda seberapa banyak kah diri anda bisa mempelajari atau menghafal beberapa banyak kosa kata dalam sehari. Anda bisa memanfaatkan Media internet, buku bahasa jepang dan sebagainya. Ada baiknya anda mempelajari bagaimana cara mengucapkan dan menulis kata-kata tersebut.

6. Perbanyak membaca artikel

Banyak membaca bacaan bahasa jepang. Bacalah artikel seperti di koran atau di media internet, ini bertujuan untuk menyempurnakan teknik membaca anda dengan cepat. Untuk pendengaran anda mendengarkan bahasa jepang dengan menonton televisi yang menggunakan bahasa jepang, juga bisa membeli kaset nyanyian yang menggunakan bahasa jepang.

7. Mendengarkan musik dari jepang

Untuk melatih pendengaran kamu mendengar bahasa jepang, kamu bisa memanfaatkan nyanyian bahasa jepang, dengarkan dan bandingkan dengan lirik lagunya yang bisa diperoleh dari internet misalnya lagu dari AKB48. Atau bisa juga dengan menonton film-film drama jepang tanpa memperhatikan atau dengan menghilangkan teks bahasa Indonesianya.

8. Latihan berbicara


Belajar bahasa tanpa mempraktekan nya memanglah tidak ada artinya, maka dari itu carilah rekan kerja atau teman anda yang bisa berbahasa jepang. Anda juga bisa berbicara pada dirimu sendiri atau berfikir dengan menggunakan kalimat agar anda bisa cepat menguasai nya.

9. Jangan menyerah

Jangan pernah menyerah karena memang belajar bahasa butuh waktu. Tak ada orang yang bisa langsung seketika mahir berbahasa jepang. Butuh proses yang bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa ke tahap berkomunikasi memakai bahasa jepang dengan baik. Maka mulailah dari sekarang sehingga lebih cepat kamu akan bisa menguasai bahasa jepang nantinya.

10. Berani dan jangan malu - malu

Bahasa jepang bukan bahasa asli orang indonesia. Orang lain (jepang) akan mengerti itu, akan paham, dan tak akan pernah mengejek kamu jika salah berucap. Perlu kamu ketahui banyak orang-orang yang tak bisa berbahasa jepang dengan baik dan lancar tetap nekad pergi ke negara asing yang berbahasa jepang, dan mereka nyaris sama sekali tak pernah diejek dengan kemampuan berbahasa yang pas-pasan. Malah pada akhirnya mereka dengan kesungguhan hati dan keberaniannya mampu berbahasa jepang dengan benar.

Terima kasih telah membaca 10 cara mudah mempelajari Bahasa Jepang. Semoga dengan artikel diatas anda akan menemukan strategi yang  dilakukan untuk belajar Bahasa Jepan sesuai kesenengan.