Top 10 Tips Terbaru

10 Presiden Termiskin di Dunia

Top 10 - 10 Presiden Termiskin di Dunia - Sebuah fakta menarik lagi ini yang akan saya bahas, Presiden merupakan seorang kepala negara yang bertugas dalam memimpin roda pemerintahan. Seorang Presiden biasanya sangat identik dengan kemewahan namun ternyata tidak semua Presiden hidup dalam kemewahan dan fasilitas yang di sediakan oleh negara, beberapa Presiden bahkan ada yang rela tetap hidup sederhana dan menjalani gaya hidup seperti kebanyakan rakyatnya.
ADVERTISEMENT
Namun, walaupun mereka tetap memilih hidup sederhana mereka terbukti mampu menjalankan roda pemerintahan dan bahkan karena sifat sederhana mereka ini rakyat sangat mengagumi dan mencintai mereka. Jadi sangat beruntung sekali bagi mereka yang mempunyai pemimpin berhati tulus dan sangat mementingkan rakyatnya. Untuk lebih jelasnya simak saja pembahasan di bawah ini.

  10 Presiden Termiskin di Dunia  

Nelson Mandela
Nelson Mandela
Berikut 10 Presiden Termiskin di Dunia.

1. Paus Fransiskus
Paus memang bukan seorang Presiden, namun Paus adalah pemimpin di Vatikan. Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio, ia lahir di Argentina dan merupakan keturunan Italia. Paus tidak mendapatkan gaji ketika memimpin di Vatikan, tapi dia mendapatkan kekuasaan dan pengaruh besar bagi seluruh umat Katholik di dunia. Paus juga  merupakan seorang yang terkenal hidup sederhana dan hemat.

2. Mahmud Ahmandinejad
Mahmud Ahmandinejad merupakan mantan Presiden dari negara Iran periode Agustus 2005 sampai Agustus 2013. Selama menjabat sebagai Presiden dia hanya mendapat gaji 3.000 dolar Amerika (Rp 35,2 juta) per tahunnya. Mahmud Ahmandinejad lebih memilih kekuasaan dari pada uang dan harta,dia merupakan seorang pemimpin yang lebih mementingkan rakyatnya.

3. Fernando Lugo
Fernando Lugo dilantik menjadi Presiden pada tahun 2008 dan langsung mengumumkan bahwa dia tidak menginginkan gaji 4000 USD per bulan. Setelah menjadi Presiden, dia juga tetap tinggal di rumahnya yang sederhana dengan pakaian yang biasa seperti kebanyakan, dan tetap memakan makanan sehari hari rakyat Paraguay seperti ubi kayu, salad, nasi putih, dan ikan.

4. Jose Pepe Mujica
Jose Pepe Mujica menjabat sebagai Presiden Uruguay pada tahun 2010, setelah menjadi presiden ia tetap tinggal di rumahnya yang sederhana yang terletak di pinggiran kota Montevideo. Demi rakyatnya dia rela menyumbangkan 90% dari gajinya selama menjadi Presiden. Untuk kendaraan Pribadi dia hanya memakai Volkswagen Beetle keluaran 1987
dan motor Vespa.

5.  Hugo Chavez
Siapa yang tidak kenal dengan Hugo Chavez, seorang Presiden yang sederhana dan sosok yang sangat berani dalam mengkritisi keadaan politik luar negeri. Ia terpilih sebagai Presiden tahun 1998, ia menyumbangkan sebagian besar gajinya untuk menambah anggaran sosial di negaranya. Di Venezuela ia memberantas buta huruf dengan menggratiskan sekolah dan menciptakan sembako murah yang membuat Chavez sangat dicintai rakyatnya.

6. Fidel Castro
Fidel Castro adalah pemimpin revolusi Kuba yang hidup sangat sederhana. Ia hanya menerima gaji 900 peso perbulan (Rp 350 ribu) yang merupakan sebuah gaji yang murah untuk seorang Presiden, meskipun gajinya pas pasan ia tidak pernah mengeluh.

7. Nelson Mandela
Nelson Mandela merupakan pemimpin dalam pembebasan Afrika Selatan dari kolonialisme dan apartheid. Meskipun sangat terkenal namanya dia tetaplah orang yang sederhana, rumahnya di Johannesburg maupun di desa asalnya Qunu sangat sederhana dan bisa dibilang layaknya rumah masyarakat kebanyakan.

8. Rafael Correa
Rafael Correa adalah pemimpin sederhana dari Ekuador, ia bahkan rela memotong gajinya dan membekukan gaji pejabat untuk menyelamatkan APBN Ekuador yang  terancam defisit.

9.  Evo Morales
Evo Morales adalah Presiden Bolivia, dia sangat sederhana dan masa kecilnya di habiskan sebagai penggembala domba. Evo memenangkan pemilu 2005 dan ia resmi dilantik pada Januari 2006. Ia sangat sederhana dan sering terlihat memakai pakaian seperti jaket kulit atau sweater, ia juga mempunyai kebiasaan mengunyah daun koka seperti masyarakat di negaranya.

10. Lula Da Silva
Lula Da Silva adalah Presiden Brazil yang terkenal sangat sederhana dan memperjuangkan kesejahteraan rakyatna. Semasa kecil, lula pernah hidup di jalanan dan menjadi tukang semir sepatu. Pada usia 14 tahun dia bekerja sebagai operator mesin dan kemudian dia menjadi aktivis para kaum buruh yang menentang kediktatoran. Barulah pada tahun 2002 dia terpilih menjadi Presiden, meskipun begitu dia tetap sederhana.

Jangan Lewatkan Top 10 Dunia Lainnya :

Nah, itulah tadi daftar Presiden yang sederhana dan merakyat demi kemakmuran rakyatnya. Semoga pembahasan kali ini mengenai 10 Presiden Termiskin di Dunia dapat menjadi contoh untuk sahabat harian 10 supaya menjadi pemimpin yang adil dan tidak melupakan janjinya kepada rakyat.