Top 10 Tips Terbaru

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Harian 10 - Saat ini di Indonesia banyak dihadiri universitas-universitas swasta yang bisa dianggap mempuni untuk disandingan dengan universitas negeri yang ada. Ini karena taraf infrastruktur dan fasilitas yang ada mengungguli universitas negeri. Jadi wajar kemudian jika disandingkan dengan perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 universitas swasta terbaik di Indonesia.
ADVERTISEMENT

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia


 10  STMIK AMIKOM

STMIK AMIKOM

Lokasi : Yogyakarta

Ranking Dunia : 2000

Website : http://www.amikom.ac.id/

Sekolah tinggi yang mengedepankan ilmu komputer STMIK AMIKOM dan merupakan sekolah tinggi swasta ternyata mendapatkan perhatian khusus di Indonesia bahkan asia tenggara. Pasalnya sekolah tinggi swasta ini cukup bergengsi dikalangan sekolah tinggi lainnya. Selain itu, tenaga pengajar yang disediakan bisa dibilang handal dan berkompeten, serta STMIK AMIKOM memiliki hubungan internasional yang kuat. Maka tidah salah jika terpilih menjadi salah satu sekolah tinggi terbaik di Indonesia.

 9  Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Lokasi : Jakarta

Ranking Dunia : 1848

Website : http://binus.ac.id/

Universitas yang bisa dibilang masih baru namun ukup bergengsi di Jakarta ialah Universitas Bina Nusantara. Jurusan yang dikenal dengan keunggulannya ialah Teknologi Informasi, itu karena didukung dengan peralatan-peralatan canggih dari luar negeri. Meskipun masih baru dari segi umur, namun dari segi kualitas memang sudah tidak diragukan lagi. Jadi jika ingin mengembangkan pengetahuan anda dibidang teknologi informasi, disarankan untuk masuk di Universitas Bina Nusantara. 

 8  Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Lokasi : Surakarta (Solo)

Ranking Dunia : 1720

Website http://www.ums.ac.id/

Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 ini telah banyak mencetak lulusan yang unggul dibidang seni dan IPTEK serta berlandaskan nilai islam. Berdiri dibawah naungan Muhammadiyah tidak membuat Universitas Muhammadiyah Surakarta atau yang biasa disingkat UMS untuk membangungun perguruan yang lebih bergengsi di Surakarta. Berbeda dengan universitas muhammadiyah lainnya. UMS terpilih menjadi salah satu dari 10 Universitas Swasta terbaik di Indonesia karena kelayakannya untuk menjadi pencetak generasi muda bangsa yang lebih kreatif dan beretikad. 

 7  Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang

Lokasi : Malang

Ranking Dunia : 1440

Website : http://www.umm.ac.id/

Tidak kalah dengan UMS, Universitas Muhammdiyah Malang juga menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia. Ini dikarenakan UMM memiliki Kantor Hubungan Internasional yang turut aktif menyelanggarakan pertukaran pelajar dan tenaga pendidik. UMM juga mengedepankan pembinaan akademis dan budi pekerti dengan nilai-nilai islam. 

 6  Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana

Lokasi : Jakarta

Ranking Dunia : 1277

Website : http://www.mercubuana.ac.id/

Universitas terbaik di Indonesia kali ini adalah Universitas Mercu Buana. Universitas ini unggul secara infrastruktur yang berkualitas, dan juga banyak mencetak lulusan-lulusan yang berprestasi. Antara lain memenangkan kompetisi internasional dibidang teknik. Universitas ini berdiri sejak tajun 1985 dan memiliki program pasca sarjana (S2). 

 5  Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara

Lokasi : Jakarta

Ranking Dunia : 1260

Website : http://www.tarumanagara.ac.id

Universitas yang dikenal karena banyak meraih segudang prestasi ialah UNTAR (Universitas Tarumanagara), sehingga dinobatkan sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia. UNTAR juga menyediakan program S1, S2 hingga S3 dibidang Ekonomi, Teknik dan Seni Rupa. Universitas ini sudah berdiri sejak 1959. 

 4  Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia

Lokasi : Yogyakarta

Ranking Dunia : 1196

Website : http://www.uii.ac.id/

Universitas Islam Indonesia merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang ada di Indonesia. Maka dari itu UII telah memiliki sejarah yang panjang. UII masuk dalam 10 daftar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia karena memiliki infrastruktur, fasilitas, serta hubungan internasional yang baik. Berdomisili di Yogyakarta tidak membuat kerepotan untuk bersaing dengan Universitas Negeri ternama seperti UGM dan UNY. 

 3  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Lokasi : Yogyakarta

Ranking Dunia : 1097

Website : http://www.umy.ac.id/en

Selanjutnya perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). UMY memiliki pengaruh yang kuat karena berada dibawah payung yayasan Muhammadiyah. Namun dari segi kualitas pendidikan memang sudah tidak bisa diragukan lagi. UMY juga rajin mengirimkan mahasiswanya untuk menempuh ilmu diluar negeri. Yang menambah daya tarik untuk kuliah di UMY adalah Fakultas Kedokterannya yang juga menjadi fakultas terbaik. 

 2  Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra

Lokasi : Surabaya

Ranking Dunia : 1020

Website : http://www.petra.ac.id/

Universitas Kristen Petra juga masuk dalam univerisitas swasta terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini telah terpercaya dalam peningkatan sumberdaya manusianya. Mahasiswa diberi bekal keterampilan dan soft skill dengan bertujuan digunakan untuk bersaing di global selepas lulus menjadi sarjana. 

 1  Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Lokasi : Depok

Ranking Dunia : 634

Website : http://www.gunadarma.ac.id/

Universitas swasta terbaik di indonesia memang sangat pantas disandang oleh Universitas Gunadarma, dilihat dari segi ranking dunia lebih baik dari kampus swasta maupun negeri lain yang ada di Indonesia. Universitas Gunadarma dianggap sudah mampu bersaing secara internasional karena dari segi sumberdaya manusia yang telah tercipta memang sangat unggul di global bahkan internasional.

Itulah ke-10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia yang bisa anda jadikan sebagai referensi guna memasuki dunia perguruan tinggi. Ke-10 universitas swasta tersebut tidak kalah dari universitas negeri yang ada. Karena sudah terbukti dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berbudipekerti sesuai dengan visi misi perguruan tinggi tersebut.

Lihat juga : 10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia